SUKOHARJO(TERASMEDIA.ID)– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo, Jawa Tengah, menemukan beberapa baliho bergambar Komandan Kodim (Dandim) 0726/ Sukoharjo, Letkol Czi Slamet Riyadi bersanding dengan Paslon Capres-Cawapres tertentu.

Baliho yang tidak wajar itu ditemukan di tiga titik yaitu di wilayah Bendosari dan Sukoharjo Kota, pada Selasa pagi (09/01/2024).

“Barang bukti sudah kami simpan. Selanjutnya Bawaslu akan melakukan penelusuran, untuk mencari tahu siapa orang yang memasang baliho tersebut,” jelas, Ketua Bawaslu Sukoharjo, Rochmad Basuki.

Untuk ukuran baliho, Rochmad belum bisa memastikan, karena masih dalam penelusuran.

Lebih lanjut, Rochmad mengatakan, foto Dandim tersebut tidak berada dalam satu frame dengan Paslon. Hanya foto terpisah, namun bersanding dengan paslon di baliho tersebut. Juga disertai tulisan “selamat dan sukses”.

Terkait temuan tersebut, Dandim 0726/ Sukoharjo sudah mengklarifikasi hal tersebut. Pihak Dandim mengatakan netral dan merasa dirugikan dengan pemasangan baliho tersebut.

“Pak Dandim tadi sudah klarifikasi dan menyatakan netral. Pihaknya merasa dirugikan dengan temuan tersebut,” ujar Rochmad.

Baliho tersebut, kata Rochmad, dipasang di areal persawahan yang bisa dilihat banyak orang.

“Awalnya Bawaslu menerima laporan dari masyarakat kalau melihat baliho tersebut. Lalu Bawaslu bergerak cepat mengambil dan menyimpan barang bukti tersebut,” ucap Rochmad. (Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini