Pohon salam di kebun belakang rumah terlihat lebat daunnya.(Foto:TM/ Istw)

SEMARANG(TERASMEDIA.ID)-Daun salam yang biasa digunakan oleh ibu- ibu untuk campuran memasak sayuran, ternyata manfaatnya besar sekali. Bukan hanya sayuran yang dicampuri dengan daun salam ini menjadi sedap, akan tetapi juga bisa bermanfaat untuk menurunkan gula darah.

Daun salam ini, di dalamnya mengandung polifenol yang bertindak sebagai antioksidan. Zat ini dapat membantu proses pemulihan seseorang yang mengalami lonjakan gula darah.

Selain itu, tanaman herbal ini juga membantu menjaga jantung tetap sehat dengan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dari berbagai sumber, manfaat daun salam tersebut di atas, juga bisa mencegah kanker. Penyakit kanker merupakan momok yang menakutkan, akan tetapi daun salam ini ternyata bisa membawa harapan untuk kesembuhan.

Selain itu pula, daun salam juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah pembentukan batu ginjal, mencegah osteoporosis, mempercepat penyembuhan luka dan menurunkan kolesterol.

Adapun cara mengkonsumsi daun salam untuk menurunkan gula darah, ambil sepuluh lembar daun salam yang masih segar dari pohon.

Setelah itu, cuci dengan air bersih dan masukan ke dalam panci kecil, tuangkan dua cangkir air dan rebus selama sekitar 15 menit hingga airnya berkurang menjadi satu cangkir.

Setelah kira- kira sudah satu cangkir, api dipadamkan dan diamkan terlebih dahulu hingga air rebusan daun salam itu dingin, dan tuangkan ke dalam cangkir, setelah itu boleh bisa diminum.

Anda bisa merebus daun salam ini satu atau dua kali setiap hari, untuk menurunkan gula darah maupun kolesterol. Semoga bermanfaat.*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini