Suasana pelaksanaan donor darah di markas PMI Klaten.(FOTO:TM/HN)

KLATEN(TERASMEDIA.ID)-Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Klaten siap menggelar peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun 2021 tingkat Kabupaten Klaten yang diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Karena masih dalam suasana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV Covid-19, maka peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun ini dilakukan secara virtual.

Undangan rangkaian peringatan Hari Pramuka virtual yang ditandatangani Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, SIKom dan Sekretaris Kwarcab selaku Ketua Panitia, Dr Wardani Sugiyanto, MPd telah beredar ke seluruh jajaran Pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Klaten.

Dalam undangan rangkaian peringatan Hari Pramuka virtual menyebutkan, kegiatan peringatan Hari Pramuka virtual via zoom meeting diikuti pengurus/andalan, pelatih dan pembina Kwarcab Klaten. Kemudian juga diikuti Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan selaku Mabiran Pramuka dan Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se Kabupaten Klaten.

Wakil Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Kwarcab Gerakan Pramuka Klaten, Drs Budi Sasongko, MM didampingi Andalan Cabang Urusan Siaran dan Media Massa, Pandu Wirabangsa, SH, MEng dan Paidi, SPd, SE menjelaskan, adapun rangkaian kegiatan peringatan Hari Pramuka yang diadakan secara langsung dengan protokol kesehatan meliputi upacara Renungan Ulang Janji (RUJ), sarasehan Hari Pramuka dan apel terbatas Hari Pramuka.

“Upacara RUJ Hari Pramuka diadakan pada Jumat malam, 13 Agustus 2021 pukul 20.00 sampai 20.30 WIB di Halaman Pendopo Pemkab Klaten dengan pembina upacara Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Klaten Hamenang Wajar Ismoyo, SIKom. Setelah upacara RUJ Hari Pramuka dilanjutkan sarasehan Hari Pramuka dengan tema Berbakti Tanpa Henti di Pendopo Pemkab Klaten mulai pukul 20.30 sampai 21.30 IB,” kata Wakil Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Kwarcab Gerakan Pramuka Klaten, Drs Budi Sasongko,Kamis(12/08/2021).

Setelah itu, lanjut Budi Sasongko, pada Sabtu, 14 Agustus 2021 pukul 08.00 sampai 09.30 WIB diadakan apel terbatas Hari Pramuka ke-60 tahun 2021 di Halaman Pendopo Pemkab Klaten dengan pembina upacara Bupati Klaten Hj Sri Mulyani selaku Ketua Mabicab Pramuka Klaten.

“Sebagai rangkaian peringatan Hari Pramuka tahun 2021 pada Kamis, 12 Agustus 2021 telah diadakan donor darah oleh anggota Pramuka di Markas PMI Klaten yang diikuti 27 orang pendonor. Kemudian lima orang anggota Pramuka Klaten juga melakukan donor plasma konvalesen di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten yang diikuti lima orang, namun yang memenuhi syarat hanya 1 orang,”ujar Budi Sasongko.

Dikatakan, kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun 2021 oleh anggota Pramuka, sebagai bukti nyata anggota Pramuka Klaten peduli pada sesama terlebih pada masa pendemi Covid-19.

“Seluruh rangkaian pelaksanaan peringatan Hari Pramuka ini, menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir dan menjaga jarak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”pungkasnya. (HN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini