Dengan didampingi oleh salah satu dosen, Tarmizi bersama teman- temanya sedang memasak menu buka puasa.(FOTO:TM/H-03)

BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Bulan suci Ramadan memiliki kesan tersendiri bagi sejumlah mahasiswa asing yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto(UMP) Jawa Tengah. Pasalnya, untuk berbuka puasa para mahasiswa dari berbagai negara ini memasak bersama dengan menu khas makanan asal negaranya.

Salah satunya adalah Tarmizi(22). Mahasiswa Fakultas Teknik UMP asal negara Thailand ini, memasak makanan khas dari negaranya untuk menu buka puasa. Menu tersebut yakni ‘Tom Yam’.

Rupanya, Tarmizi ini, dalam memasak juga tak kalah lincahnya dengan seorang perempuan dalam mengolah masakan.

Bersama teman mahasiswa asing lainnya, semua racikan bumbu yang berasal dari rempah-rempah ini ia iris dan haluskan.

“Bumbu yang saya racik ini, merupakan bumbu untuk memasak makanan khas Thailand, yakni “Tom Yam,” kata Tarmizi.

Menurut Tarmizi, makanan khas negeri gajah putih ini sengaja ia buat untuk menu berbuka puasa di dalam kampusnya. Waktu berbuka puasa pun tiba, menu ‘Tom Yam’ ini habis disantap bersama teman- temannya.

Bagi Tarmizi, berbuka puasa bulan ramadan dengan memasak sendiri, memiliki kesan tersendiri. Apalagi, hasil masakannya juga ternyata disukai oleh teman, rektor dan para dosen.

Selain suka masakan negeri sendiri, Tarmizi juga sudah mampu beradaptasi dengan makanan Indonesia, seperti mie ayam, nasi padang dan makanan khas Purwokerto, yakni mendoan.

Rektor UMP Doktor Jebul Suroso, mengaku senang, karena sejumlah mahasiswa asal negara lain, bisa beradaptasi dengan para temannya dari Indonesia.

“Di UMP, setidaknya ada 19 mahasiswa yang berasal dari beberapa negara, seperti Pakistan, Yaman, Thailand, Maroko, Mali, Bangladesh dan negara tetangga lainnya,”ucap Jebul Suroso.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini