CILACAP(TERASMEDIA.ID)- Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap menggelar pelatihan teknik pertolongan di air untuk 22 personel di kantor setempat, dimula 6 Juni hingga 11 Juni 2022.

Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya, mengatakan, pelatihan personel SAR ini dilakukan, guna meningkatkan kemampuan jika terjadi bencana khususnya di air sesuai dengan program kerja dalam melaksanakan latihan regu dan satuan di permukaan air.

“Latihan ini merupakan rangkaian yang kami simulasikan, jadi dari latihan harian yang setiap hari kami latih, kemudian latihan dengan regu untuk menguji kemampuan, kekompakan dalam melaksanakan pertolongan,” papar I Nyoman Sidakarya, Senin(06/06/2022).

Dari latihan regu tersebut, akan dilakukan simulasi di medan yang sesungguhnya yakni latihan pertolongan di air dan pelaksanaan pelatihan untuk beregu dilakukan selama dua hari dan dua hari dalam satuan pertolongan.

Sebanyak 22 personel yang dilatih itu adalah anggota rescuer yang diharapkan untuk meningkatkan kemampuan agar kedepan mereka profesional melaksanakan tugas.

“Proses latihan kami mulai teori di dalam kelas. Untuk latihan praktek di kolam dan Pantai Teluk Penyu,”kata I Nyoman Sidakarya.

Melalui pelatihan pertolongan di air, diharapkan, personel SAR bisa memberikan pertolongan dengan maksimal kepada korban apabila ada terjadi musibah atau kecelakaan di air nantinya.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini