BLORA(TERASMEDIA.ID)-Setelah vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19, pawai karnaval dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI untuk kategori TK, SD, dan SMP sederajat kembali digelar di Kecamatan Cepu, Senin (22/08/2022).

Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., hadir langsung untuk melepas peserta pawai karnaval dari Taman Tuk Buntung, Cepu, dan menyaksikan beragam atraksi yang ditampilkan hingga usai karnaval.

Ribuan anak- anak hingga pelajar begitu atraktif menampilkan berbagai potensi pembangunan dan seni budaya daerah dari seluruh wilayah Indonesia.

Ada peserta yang menampilkan pakaian adat Batak, Bali, Papua, Jawa, dan lainnya. Termasuk kemeriahan drumband, hingga ratusan kostum karnival yang diperagakan bak model profesional.

Rute yang dilalui pada pawai karnaval ini yakni, dari Kantor Camat Cepu menuju Jl. Diponegoro – Jl. Stasiun Kota – Ngareng – Pasar Buah – Plaza Cepu – Ketapang – Tugu 20 Mei – dan finish di SMAN 1 Cepu.

Tampak masyarakat begitu antusias menyaksikan pawai karnaval di sepanjang rute ini. Dimungkinkan mereka melepas rindu setelah dua tahun tidak ada pelaksanaan pawai karnaval.

Bupati Blora,Arief Rohman menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Cepu yang semangatnya luar biasa untuk menyelenggarakan pawai karnaval Kemerdekaan RI ini.

“Kami harap, karnaval seperti ini, menjadi ajang unjuk kreativitas anak- anak. Sekaligus menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air. Tidak lupa dengan adat budaya sendiri,”kata Bupati Blora, Arief Rohman.

Menurut bupati, melalui event yang melibatkan banyak masyarakat seperti pawai karnaval bisa ikut mendorong jalannya ekonomi menengah ke bawah, karena banyak yang berjualan makanan, minuman, jasa parkir dan lain sebagainya.

‘’Alhamdulillah mereka bisa ikut meraup rezeki dari jalannya pawai karnaval ini. Semoga ke depan Cepu Blora semakin maju, kreatif dan terus semangat melestarikan budaya lokal. Pokoknya keren. Tanggal 27 Agustus nanti, giliran karnaval di Blora Kota,” papar Bupati.

Sekretaris Seksi Karnaval Cepu, Anton Moeji menyampaikan bahwa peserta pawai karnaval ini terdiri dari lima grup drumband TK, 86 kendaraan hias TK, empat SD, dan enam SMP.

Sedangkan kategori SMA, SMK, dan umum untuk Cepu pawai karnavalnya akan dilaksanakan besok Rabu 24 Agustus 2022 pukul 13:00 WIB.(MGN-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini