Ketua Dekranasda Kabupaten Kendal, Chacha Frederica berdiri saat melihat nara sumber Jeffry Tandeam merangkai rajut.(FOTO:TM/Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kendal, Chacha Frederica, bekerja sama dengan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM membuka pelatihan kerajinan rajut di Rumah Dinas Bupati Kendal, Jalan Kelurahan Jetis, Minggu(21/08/2022).

Kegiatan ini, juga berkolaborasi dengan Bank Jateng dengan harapan untuk meningkatkan kualitas hasil kerajinan rajut milik Kabupaten Kendal.

“Peserta pelatihan berjumlah 43 orang perajin dari seluruh Kabupaten Kendal,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Kendal, Chacha Frederica.

Pada kesempatan ini, Wynne Frederica juga menyampaikan bahwa pihaknya melihat adanya potensi besar pada hasil kerajinan rajut yang ada di Kabupaten Kendal.

Dengan adanya pelatihan ini, Chacha Frederica mengharapkan adanya peningkatan kualitas agar memiliki nilai jual tinggi. Chacha Frederica yang juga istri dari Bupati Kendal, Dico M Ganinduto ini, mengatakan bahwa acara ini juga menghadirkan narasumber dari Jakarta yakni, Jeffry Tandeam.

“Saya harap dangan pelatihan ini bisa meningkatkan kualitas hasil rajut yang sudah ditekuni oleh teman – teman, karena saya pribadi sangat yakin kalau hasil rajut kita ini bisa berkembang dan bisa bersaing di pasar nasional,”harapnya.

Pihaknya, juga akan selalu mendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Kendal agar handycraft bisa maju dan berkembang.

Sementara itu, Jeffry Tandeam menyampaikan bahwa, kualitas produk merupakan hal pertama dalam mencari pangsa pasar. Kemudian packaging akan meningkatkan harga suatu barang dan menjadi daya tarik dari calon konsumen.

Pada pelatihan rajut ini, Jeffry Tandeam melakukan beberapa metode rajut dengan melakukan demo secara langsung di depan para perajin handycraft asal Kendal.

“Produk yang saya lihat di Kendal ini, ternyata sangat berpotensi. Dan memang hasil rajutan dari ibu – ibu ini sangat bagus terutama untuk sepatu rajut yang dihasilkan,” ujar Jeffry Tandeam.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini