Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni sedang berbincang dengan penjaga stand job fair.(FOTO:TM/Dul)

GROBOGAN(TERASMEDIA.ID)-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigasi(Disnakertrans) Kabupaten Grobogan, menggelar Job fair atau pasar bursa kerja di Gedung Wisuda Budaya Purwodadi, Selasa (06/09/2022).

Job fair ini, diikuti oleh 30 perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Grobogan.

Job fair yang berlangsung selama dua hari, tanggal 6 -7 September ini, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dalam rangka mengurangi angkatan kerja yang belum mendapatkan pekerjaan.

Job fair yang dibuka Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni, ini mendapat sambutan baik dari ribuan pencari kerja baik lulusan SMA/SMK maupun S1.

Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni, mengatakan selama pandemi Covid-19 jumlah pencari kerja yang terdaftar di Grobogan sebanyak 18.926 orang, tetapi yang bisa tertampung dalam angkatan kerja hanya 3.091 orang atau hanya 16,3 persen saja yang terserap.

”Mereka para pencari kerja umumnya menghendaki yang instan yakni jabatan dan gaji yang tinggi. Saya berharap melalui pasar bursa kerja ini, para pencari kerja bisa sesuai dengan pendidikan dan kompetensinya, mohon bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya,” pintanya.

Kepala Disnakertrans Grobogan Drs. Teguh Harjokusumo, mengatakan, Job fair yang menjadi agenda tahunan dinasnya bisa menjadi kegiatan dalam merekrut tenaga kerja di Grobogan, sehingga harapannya bisa mengurangi angka pengangguran yang ada.

Teguh Harjokusumo menyatakan angka pengangguran di Grobogan sekitar 4,50 persen pada 2019 dan turun menjadi 4,38 persen di tahun 2021 serta masih di bawah angka Jawa Tengah dan Nasional.

Pihaknya berharap melalui bursa tenaga kerja ini, dapat menekan tingkat pengangguran khususnya di Kabupaten Grobogan.

“Jobfair kali ini membuka 12.000 lowongan kerja. Kami berharap para pencari kerja bisa melihat , mengidentifikasi dan mengirimkan lamaran sesuai kemampuannya,” ujar mantan Kabag Humas dan Asisten I Pemkab Grobogan ini.

Meski angka pengangguran di Grobogan masih jauh di bawah angka Jateng dan nasional, ia berharap dengan adanya Job fair ini, maka sekitar 4000 lebih pemilik kartu AK1 bisa mendapatkan pekerjaannya.(Dul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini