Petugas gabungan sedang cek rokok ilegal.(FOTO:TM/ VID)

DEMAK(TERASMEDIA.ID)– Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang (KPPBC TMP A Semarang) bersinergi dengan Pemkab Demak, melalui bagian Perekonomian dan SDA Setda, Satpol PP, Dinkominfo, Dindagkop UKM, Bakesbangpol, Bagian Hukum meningkatkan efektivitas pengawasan peredaran rokok ilegal.

Pengawasan BKC Ilegal itu, berupa operasi pasar bersama di Pasar Kecamatan Gajah, Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Dempet dan Kecamatan Kebonagung, Kamis(01/09/2022).

Sub koordinasi(Sbukor) SDA bagian perekonomian Setda Demak, Retno Widiyastuti, menyampaikan pelaksanaan operasi pasar dibagi dua tim, yakni tim pertama terdiri dari Satpol PP, Bea Cukai Semarang, Bagian Perekonomian dan SDA Setda, Bagian Hukum Setda dan Dinkominfo.

Sedangkan untuk tim kedua, yakni Satpol PP, Bea cukai Semarang, Bagian Perekonomian dan SDA Setda, Dindagkop UKM dan Bakesbangpol.

“Kami nanti bersama tim yang telah terbentuk dan Bea Cukai akan menyasar di pasar tradisional sesuai dengan kecamatan yang sudah dibagi kepada masing–masing tim,” kata Subkor Retno, saat apel kesiapan.

Dari pelaksanaan operasi pasar yang dilakukan, tidak ditemukan adanya rokok ilegal, namun ada satu merk rokok yang dicurigai.

“Tadi ada salah satu rokok yang kami curigai, karena harganya sangat murah. Istilahnya harga lebih murah dibanding dengan harga bandrol. Sehingga dari kami nanti akan meneliti lebih lanjut pita cukainya apakah benar asli, dan kalaupun asli apakah itu sesuai dengan peruntukannya,” papar Tim Pemeriksa Bea Cukai Semarang, Octavia Sri Handayani.

Octavia berharap, nantinya sosialisasi dan operasi pasar tetap dijalankan secara rutin dan mungkin bisa sampai ke pelosok-pelosok desa lain.

“Sehingga untuk ketentuan cukai dapat diketahui secara merata kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Demak. Baik pedagang, maupun masyarakat atau LSM mungkin nanti bisa menginformasikan ke yang lain,”harapnya.(VID).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini