GROBOGAN(TERASMEDIA.ID)– Sudah menjadi agenda rutin di Bank Sampah Citra Lestari bahwa setiap bulannya bertempat di Rumah Ketua RW 03 Supartono mengadakan lelangan jual sampah rumah tangga.

Kegiatan ini berlangsung kurang lebih tujuh tahun silam dan hingga saat ini masih dilaksanakan serta disambut baik oleh masyarakat sekitar di lingkunganRT 09/ RW 03 Jagalan Utara Kelurahan Purwodadi Kecamatan Purwodadi.

Menurut keterangan Supartono, Bank Sampah Citra Lestari ini adalah bank sampah di bawah naungan RW dan telah memiliki badan hukum akte notaris.

“Saya berharap, kegiatan bank sampah yang sifatnya relawan ini bisa tetap terus berjalan. Saya hanya bisa memberi support dorongan kepada semua warga agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan di bank sampah ini, termasuk dalam pengelolaannya meski kendala tentu ada,”kata Supartono, Rabu(07/12/2022).

Menurut Supartono, kendala adalah bagian dari dinamika kegiatan, namun ia sangat mendukung dan menyemangatinya, sebab kegiatan bank sampah sifatnya relawan dan kesadaran.

Sementara itu, ketua Bank Sampah Citra Lestari, Sugiarti mengatakan, kegiatan lelangan jual sampah rumah tangga kali ini hasil perolehan sampah yang terkumpul agak menurun biasanya mencapai Rp.800 ribu per sekali lelang jual sampah.

Namun pada hari ini dapatnya kurang dari itu, dikarenakan sering hujan dan kendala lain yaitu ada beberapa jenis sampah harga juga turun drastis.

Sehingga, lanjut Sugiarti, hal ini bisa mengurangi semangat para anggota/ nasabah untuk menyetorkan sampahnya. Selain itu faktor sarana kendaraan angkut sampah an-organik untuk mengambil sampah dari rumah warga ke tempat penimbangan jaraknya lumayan jauh sehingga petugas bank sampah yang jumlahnya terbatas juga kualahan, jelasnya.

Sugiarti berharap meskipun situasi saat ini serba sulit, pihaknya tetap bersemangat untuk mengajak anggota dan pengurusnya lebih aktif lagi sehingga pengurangan sampah rumah tangga di lingkungannya dapat terus dilakukan.

“Yang penting kegiatan ini masih tetap berjalan lancar, itu termasuk sudah baik, “kata Sugiarti.

Berikut ini beberapa jenis sampah an-organik yang saat ini harganya turun, seperti diantaranya kardus dari Rp.1800 per kg menjadi Rp.1500.

Atum dari harga Rp.2.400 menjadi Rp.2.200, besi Rp.5.000 menjadi Rp.4.300, almunium Rp.15.000 menjadi Rp.10.000. (ARF/SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini