Suasana pelatihan pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal dan peran koperasi dalam pemberdayaan UMKM di Balai Desa Gumelem Kulon.(FOTO:TM/ WR)

BANJARNEGARA(TERASMEDIA.ID)-Tim Program Kampung Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan pelatihan pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal dan peran koperasi dalam pemberdayaan UMKM di Balai Desa Gumelem Kulon, Banjarnegara, Selasa(27/12/2022).

Adapun pemateri pada pelatihan tersebut yakni Dr Juanita dan Hardianto Wibowo, keduanya merupakan dosen Fakultas Teknik UMP.

Dr Juanita, mengatakan pelatihan ini bisa menjadi masukan untuk pengembangan wisata bagi masyarakat. Tujuannya selain bisa menjadi masukan atau wawasan bagi para perangkat setempat juga bisa untuk pengembangan pariwisata yang berkelanjutan.

“Saya berharap, kegiatan ini tetap berlanjut hingga Desa Gumelem menjadi salah satu desa destinasi wisata,”harapnya.

Camat Susukan, Banjarnegara, Susanto menyampaikan terimakasih atas pelatihan yang dilaksanakan oleh UMP ini.

“Terimakasih kepada UMP yang telah membuka pandangan kita semua, khususnya masyarakat Desa Gumelem Wetan dan Kulon, karena Desa Gumelem ini mempunyai potensi yang luar biasa khususnya desa wisata dan UMKM,” ucap Susanto.

Susanto berharap, dengan adanya pelatihan ini bisa menjadi pintu pembuka dan melangkah lebih jauh untuk pengembangan desa wisata dan UMKM melalui koperasi.

Susanto bertekad mengumpulkan pelaku UMKM dan Pokdarwis untuk menindaklanjuti pelatihan ini.(WR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini