Rombongan saat foto bersama.(FOTO:TM/(ARF/SL)

GROBOGAN(TERASMEDIA.ID)–Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Grobogan, menerima tamu kunjungan dari Disnakertrans Kabupaten Sukamara Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (17/01/2023).

Rombongan tamu yang berjumlah 9 orang ini, terdiri atas Kepala Dinas Wariyanto, Kepala Bidang Penggerak Swadaya Masyarakat(PSM) dan Fungsional Pelaksana serta didampingi beberapa Kepala Desa Pulau Nibung Kades Roy Haviana dan Kaur Pemerintahan Isman.

Sedangkan dari Desa Sungai Baru yakni Kades Alfianto bersama Ketua BPD Desa Sungai Baru Budi Hartoyo dan Kaur Pemerintahan Rindi.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah, menyampaikan bahwa kerjasama terkait dengan program transmigrasi yang lokasinya berada di Desa Pulau Nibung dan Desa Sungai Baru Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara Provinsi Kalimantan Tengah.

Bahwa, Kabupaten Sukamara telah menyediakan lahan transmigrasi seluas 530 hektar dan Kabupaten Grobogan menjadi salah satu kabupaten yang diikutsertakan dalam program tersebut.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Grobogan, Teguh Harjokusumo yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Penempatan dan Transmigrasi Achmad Zamroni beserta staff, pihaknya menyambut baik program ini dan siap untuk mensosialisasi ke desa-desa untuk memberikan informasi ke masyarakat akan adanya program transmigrasi yang lokasinya di Desa Pulau Nibung dan Desa Sungai Baru Kecamatan Jelai Kabupaten Sukamara Provinsi Kalimantan Tengah itu.

Teguh Harjokusumo mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka penjajakan awal ke Kabupaten Grobogan. Selain itu, untuk melakukan kerjasama penempatan calon transmigran ke lokasi tersebut dan untuk tahun 2023 ini diperkirakan akan menampung sebanyak 90 kepala keluarga yang akan diisi dari beberapa kabupaten di Jawa Tengah termasuk dari Kabupaten Grobogan.

Menurut Teguh, pada prinsipnya dia menerima apa yang menjadi bagian dari informasi yang sudah disampaikan oleh kepala Disnakertrans Kabupaten Sukamara. Pihaknya akan mempelajari dan membutuhkan kepastian yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur, membuat MoU ataupun perjanjian kerja sama antar piminan di daerah hingga pusat.

“Saya berharap, dengan adanya program ini, mudah-mudahan mampu meningkatkan kesejahteraan hajad hidup masyarakat Grobogan, dimana bisa membuka harapan baru, di tempat yang baru, dan bisa memberikan kesejahteraan. Semoga ini menjadi awal yang baik kerja sama antara Pemkab Grobogan dengan Pemkab Sukamara untuk bisa saling membantu, meningkatkan tingkat kemampuan kesejahteraan dari masyarakat Grobogan,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Penempatan dan Transmigrasi Achmad Zamroni, mengatakan bahwa bagi warga Grobogan yang ingin berusaha merubah nasib ikut program pemerintah lewat program transmigrasi di tahun 2023 ini, bisa segera mendaftarkan diri di Kantor Disnakertrans Jln.Dr. Sutomo Nomor 8 Purwodadi, tanpa dipungut biaya/gratis dengan fasilitas mendapat rumah dan lahan seluas 2 hektar. (ARF/SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini