SRAGEN(TERASMEDIA.ID)-Sebanyak tujuh Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jawa Tengah diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MPAN RB) Abdullah Azwar Anas.

Tujuh MPP tersebut meliputi Kabupaten Sragen, Semarang, Wonogiri, Pemalang, Pekalongan, Purbalingga dan Demak.

Peresmian dipusatkan di Kabupaten Sragen, yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Walikota Solo (Surakarta) Gibran Rakabuming Raka, sejumlah bupati dan tamu undangan lainnya.

Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa nantinya MPP tersebut bisa mempermudah pelayanan di daerah masing- masing.

“Ini mal yang ke- 103 di Jawa Tengah, mudah- mudahan menjadi penanda dimana pelayanan di daerah- daerah sesuai arahan bapak presiden. MPP Digital ini pelayanannya terintegrasi secara bertahap dan nantinya bisa diproses melalui handphone, dan sekarang sedang disempurnakan di Banyuwangi,” kata Azwar Anas.

Mantan Bupati Banyuwangi ini menambahkan, Presiden dalam beberapa kesempatan sudah menginstruksikan ke jajaran agar pelayanan administrasi bisa dimaksimalkan. Minimal di tiga layanan dasar yaitu terkait kesehatan, pendidikan dan kependudukan.

“Silakan kepala daerah yang ingin jadi pilot project MPP digital menghubungi kami. Nantinya perizinan dan administrasi lainnya cukup diurus dengan HP dan bisa dilakukan dari manapun,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan wacana mall pelayanan publik digital itu sangat bagus dan nanti di setiap daerah di Jawa Tengah harus terbangun semuanya agar pelayanan lebih mudah.(SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini