SRAGEN(TERASMEDIA.ID)– Kodim 0725/Sragen kembali menggelar TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) Sengkuyung I tahun 2023 di Dusun Bukuran Kecamatan Kalijambe, Rabu(10/05/2023).

TMMD Sengkuyung tahap I tahun 2023 ini, dibuka oleh Wakil Bupati Sragen H.Suroto.

Dalam upacara pembukaan TMMD ini, dihadiri Bupati Sragen Dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, Kapolres Sragen AKBP Pitter Yanottama, Ketua DPRD Sragen Suparno, Danyon Raider 408/Sbh Letkol Inf Alugoro Koedoes, Kasiops Korem Mayor Inf Ronaldo Constantine, dan tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Sragen H.Suroto mengucapkan terima kasih karena TMMD Sengkuyung I tahun 2023 ini bisa terlaksana dengan baik.

Menurutnya, Program TMMD telah menjadi bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan.

“Karena mengatasi kemiskinan dan pengangguran, mewujudkan daulat pangan dan energi, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, memberantas narkoba, memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme, tidak mungkin hanya mengandalkan peran pemerintah pusat saja, TNI/Polri saja, atau Pemerintah Daerah saja,”kata Wakil Bupati Sragen H.Suroto.

Wakil bupati meminta, semua harus bersama sama dan bersinergi serta berkolaborasi bersama rakyat untuk menyelesaikan berbagai persoalan, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Melalui TMMD ini, bisa menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu/persoalan terkini dengan solusi,”ujar Wakil Bupati Sragen.

Wakil bupati menyatakan, kegiatan TMMD dulu dikenal dengan istilah AMD atau ABRI Masuk Desa, yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1980 dan sampai dengan saat ini sudah berjalan selama 43 Tahun.

Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan maka program TMMD semakin kontributif memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Saat ini program TMMD menjadi program lintas sektoral Kementerian/LPNK, Polri dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat.

Sasaran TMMD Sengkuyung I tahun 2023 terdapat beberapa kegiatan yaitu pengecoran jalan Desa Bukuran, Kecamatan Kalijambe sepanjang 675 x 2,5 x 0,12 meter, RTLH 6 unit, jamban 8 unit, sedangkan kegiatan non fisik berupa sosialisasi Prokes Covid 19, sosialisasi pencegahan stunting, sosialisasi Posyandu dan Pos Bindu, Wasbang, Binkamtibmas, penyuluhan pertanian dan peternakan.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada UPT-PK, PDAM, PMI, Baznas, Bank Jateng, Bank BRI, Bank Woori Saudara, BPR BKK Karangmalang, BPR Djoko Tingkir, BPRS Sukowati dan Bengkel Terpadu Kab. Sragen lainya, serta semua pihak dan elemen masyarakat terutama TNI yang telah membantu secara moril dan materiil. Karena berkat kerja keras dan kesungguhan dari semua unsur, dengan harapan kegiatan TMMD dapat terselenggara dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana,”paparnya.(Soes)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini