BLORA(TERASMEDIA.ID)– Politeknik Energi dan Mineral(PEM) Akamigas menggelar Upacara Wisuda Program Sarjana Terapan Ke-52, Tahun Akademik 2022/2023 bertempat di Grha Oktana PEM Akamigas, Selasa (18/07/2023).

Pada periode Tahun Akademik 2022/2023 ini, PEM Akamigas mewisuda sejumlah 217 wisudawan dengan 70 orang lulus dengan predikat Pujian (Cumlaude).

Dalam upaya menuju World Class Polytechnic, PEM Akamigas senantiasa memperbarui kurikulumnya agar selalu relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Direktur PEM Akamigas Erdila Indriani dalam sambutannya mengatakan, PEM Akamigas saat ini sedang menyiapkan kurikulum baru yang bertitik berat pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan pemagangan. Kurikulum tersebut akan diterapkan pada Tahun Ajaran 2023/2024.

Selain itu, PEM Akamigas juga mampu mengelola lulusannya agar dapat diserap oleh industri, PEM Akamigas telah melakukan berbagai strategi promosi lulusan kepada industri energi dan industri penunjang energi.

“PEM Akamigas juga melakukan Program Pembentukan karakter terintegrasi dan program-program untuk menyiapkan alumni agar siap kerja. Keberhasilan promosi lulusan PEM Akamigas dibuktikan hari ini, dimana 13 wisudawan telah terkonfirmasi diterima bekerja sebelum pelaksanaan wisuda hari ini,” kata Direktur PEM Akamigas Erdila Indriani.

Pada kesempatan ini, diumumkan lima mahasiswa terbaik dari masing-masing program studi diantaranya, Fairuz Athallah terbaik dari Program Studi Teknik Produksi Migas, Ahmad Murtafi’in terbaik dari Program Studi Teknik Pengolahan Migas, Novian Natanael Subagia terbaik dari Program Studi Teknik Mesin Kilang,  Akbar Pratama terbaik dari Program Studi Teknik Instrumentasi Kilang
dan Efraim Dandy Pandawa Setiaji terbaik dari Program Studi Logistik Migas.

Sedangkan untuk terbaik keseluruhan adalah Akbar Pratama dari Program Studi Teknik Instrumentasi Kilang, yang juga telah terkonfirmasi bekerja di PT. Tiara Vibrasindo Pratama.

Erdila berpesan khusus untuk wisudawan bahwa PEM Akamigas telah cukup membekali wisudawan dengan ilmu dan teknologi, secara khusus di sub-sektor migas, sebagai bekal mengabdikan diri untuk pembangunan nusa dan bangsa.

“Oleh karena itu, saudara-saudara sekalian para wisudawan, peningkatan keimanan dan ketaqwaan saudara-saudara sekalian kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Penguasa Alam ini, senantiasa dibutuhkan untuk menjadikan pengetahuan dan teknologi dapat bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan kemanusiaan.

Implikasi dari peningkatan keimanan dan ketaqwaan ini adalah peningkatan nilai-nilai humanis diri, seperti kejujuran, amanah, martabat dan marwah,”ungkapnya.

Upacara pelapasan wisudawan PEM Akamigas, bukan hanya menjadi pesta internal yang hanya bisa dinikmati wisudawan dan orang tua saja. Namun masyarakat Cepu juga bisa merasakan euforia ini melalui arak-arakan wisudawan dan penampilan Paguyuban Seni Barong “Krido Mudho” sebagai bentuk partisipasi PEM Akamigas dalam melestarikan budaya lokal.

Seni Barong ini, telah menjadi sajian hiburan khas wisuda PEM Akamigas. Penampilan Singo Barong sebagai tokoh utamanya dengan diiringi musik gamelan yang rancak, menggugah semangat.

Kesenian khas daerah Blora ini menggambarkan karakter masyarakat yang penuh kekeluargaan, spontanitas, kompak, sederhana dan juga keras.(MG-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini