Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Kendal, Bagus Bimo Alit menyerahkan dokumen kepada Ketua KPU Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria.(FOTO:TM/ Ndre)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Sebanyak 17 partai peserta pemilu di Kabupaten Kendal, hari ini sudah mengajukan perbaikan dokumen persyaratan bakal calon(Bacalon)anggota DPRD Kabupaten Kendal pada pemilu 2024, ke Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kendal yang beralamatkan di jalan raya Soekarno Hatta, Langenharjo Kendal, Minggu(09/07/2023).

Partai politik yang paling akhir mengajukan perbaikan dokumen persyaratan bacalon anggota DPRD Kabupaten Kendal ke KPU yakni, partai Golkar. Partai Golkar ini, datang ke KPU sekitar pukul 20. 15 WIB, dan berkasnya diterima KPU dan dinyatakan lengkap.

Ketua KPU Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan, sampai malam ini pukul 20.35 WIB, sebanyak 17 partai peserta pemilu sudah menyerahkan seluruh berkas perbaikan dokumen persyaratan bacaleg anggota DPRD Kabupaten Kendal.

“Semua partai peserta pemilu kecuali Partai Kebangkitan Nusantara(PKN) sudah menyerahkan berkas perbaikan dokumen, karena dari awal PKN memang tidak mendaftarkan bacalegnya untuk DPRD Kabupaten Kendal,”kata Hevy Indah Oktaria.

Menurut Hevy, setelah tahapan ini, KPU akan melakukan verifikasi administrasi terhadap dokumen yang telah dilakukan perbaikan mulai tanggal 10 Juli 2023 sampai tanggal 6 Agustus 2023 mendatang.

Meski demikian, perbaikan juga masih bisa dilakukan pada masa pencermatan daftar calon tetap(DCT), yakni jika ada yang mau mengganti nomor urut maupun calon.

Akan tetapi, lanjut Hevy, pra syarat yang hari ini mengajukan perbaikan harus memenuhi syarat terlebih dahulu. Setelah itu, nanti diverifikasi oleh KPU, baru KPU akan menyusun rancangan daftar calon sementara(DCS) terhadap calon- calon yang sudah memenuhi syarat, yang kemudian pihak partai politik untuk mengecek rancangan dari DCS tersebut.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Kendal, Bagus Bimo Alit yang dimintai keterangan oleh sejumlah wartawan usai menyerahkan perbaikan dokumen ke KPU mengatakan, partai Golkar memang paling akhir datang ke KPU, karena ada beberapa penyesuaian dokumen di beberapa daerah pemilihan(dapil), tapi malam ini sudah dinyatakan lengkap.

“Untuk malam ini, ada empat dapil yang mengalami perbaikan dokumen dan penyesuaian nomor urut bacaleg. Sedangkan yang kami daftarkan ke KPU sebanyak 50 bacaleg,”kata Bagus Bimo Alit.

Bimo optimis, dari 50 bacaleg yang ia daftarkan ke KPU Kendal ini, target 10 kursi seperti sejak awal mengajukan bacalegnya ke KPU, akan terpenuhi.

“Kalau kami petakan, untuk dapil I insya Allah bisa dua kursi, Dapil II juga dua, begitu pun dapil III dua kursi dan dapil IV juga dua kursi, yang dapil lain satu kursi,”ujarnya.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini