BLORA(TERASMEDIA.ID)-Puskesmas Kunduran bersama Panitia HUT Kemerdekaan Desa setempat menggelar sosialisasi Germas yang dirangkai dengan jalan sehat bersama, Minggu(13/08/2023).

Acara dihadiri langsung Bupati Blora Arief Rohman bersama Istri, Kepala Dinas Kesehatan Edy Widayat, jajaran Forkopimcam Kunduran dan ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sutikno Slamet.

Sejumlah bazar UMKM hingga konsultasi kesehatan dibuka secara gratis untuk masyarakat umum.

Kepala Dinas Kesehatan Blora, Edy Widayat mengungkapkan sosialisasi Germas merupakan kegiatan wajib tahunan yang digelar oleh seluruh Puskesmas dan kegiatan bisa dilakukan dengan berbagai cara.

“Karena Puskesmas itu Badan Layanan Umum Daerah(BLUD), jadi anggaran dikelola sendiri. Dan kegiatan ini juga digelar sesuai kemampuan anggaran masing-masing Puskesmas,” kata Edy.

Edy berharap melalui sosialisiasi ini masyarakat lebih paham akan pentingnya menjalankan pola hidup sehat. Edy meminta masyarakat bisa memanfaatkan layanan gratis yang dibuka hari ini.

“Tadi juga ada minum vitamin bersama dengan para remaja agar mereka jadi remaja yang sehat. Di sini juga kami buka berbagai layanan kesehatan yang bisa dimanfaatkan seperti screening kesehatan, screening jiwa, konstasi gizi pemeriksaan HG dan vaksinasi,” paparnya.

Sementara itu Bupati Blora Arief Rohman menyambut baik acara Germas kali ini. Dia berharap masyarakat Kunduran bisa menjadi percontohan dalam menerapkan pola hidup sehat di masyarakat.

“Saya terima kasih kepada Puskesmas Kunduran, semoga ini bermanfaat untuk masyarakat. Kunduran semoga jadi percontohan. Pak Kapus tolong warga dilayani dengan baik, apalagi sebentar lagi di sini (Kunduran) akan ada RS Bhayangkara yang bagus,” ucapnya.

Kepala Puskesmas Kunduran Catur Hendro memaparkan cukup banyak kegiatan yang digelar di sosialisasi Germas ini. Semua gratis buat masyarakat.

“Dimana acara Germas ini banyak acara yang kami gelar bersama panitia HUT kemerdekaan, Ada 15 UMKM yang kami buka, jalan sehat, senam bersama, pemeriksaan IVA deteksi dini kangker serviks, Screening kesehatan dan jiwa dan ada juga donor darah. Semua gratis,” tandasnya.(MG)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini