BLORA(TERASMEDIA.ID)– Mimpi warga Blora untuk memiliki jalan tembus penghubung Kabupaten Blora, Jawa Tengah ke Kabupaten Ngawi, Jawa Timur lewat Randublatung – Getas akan segera terwujud.

Pengajuan anggaran pembangunan jalan kabupaten ruas Randublatung – Getas, tembus Ngawi, Jawa Timur, oleh Pemkab Blora disetujui pemerintah pusat (Kementerian PUPR) melalui dana Inpres Jalan 2023. Nantinya pembangunan akan dilakukan dua seksi, dengan total anggaran Rp 53,7 miliar.

Hal tersebut dikatakan Bupati Arief Rohman saat menemui Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono di kantornya, Selasa (24/10/2023).

“Kami membangun sinergi komunikasi dan diskusi kelanjutan kerja sama pembangunan daerah. Salah satunya adalah pembangunan jalan tembus Blora – Ngawi lewat Randublatung – Getas – Banjarejo Ngawi,’’ kata Arief Rohman.

Menurut Arief Rohman, tahun 2023 ini jalan Randublatung – Getas sampai batas Ngawi akan dibangun dengan dana Inpres Jalan. Oleh karena itu pihaknya berharap dari Pemkab Ngawi ikut menyambut pembangunan dari wilayah Ngawi.

Dikatakan, saat ini sejumlah alat berat sudah mulai melakukan perataan jalan. Bupati sangat berharap proyek yang didanai Inpres tersebut bisa berjalan lancar. Dan nantinya jalan tembus Blora – Ngawi akan menjadi akses terdekat warga Blora menuju toll trans Jawa.

“Jika jalan ini selesai dibangun, akan menjadi jalan terdekat bagi warga Blora menuju jalan tol trans Jawa atau exit tol Ngawi. Tidak perlu berputar via Padangan – Ngraho – Ngawi lagi. Juga akan membuka akses pertumbuhan ekonomi bagi wilayah Blora Selatan yang sudah puluhan tahun terisolir,”ucap Arief Rohman.

Arief Rohman juga menyampaikan bahwa dalam diskusi santai dengan Bupati Ngawi, pihaknya meminta dukungan pembangunan Bendungan Karangnongko. Yang pembangunannya akan dimulai di perbatasan Blora – Bojonegoro dan genangannya mengular sepanjang Bengawan Solo sampai wilayah Ngawi.

“Kami juga ingin belajar pertanian ke Ngawi. Kita tahu Ngawi menjadi salah satu lumbung pangan baik tingkat nasional maupun di Jawa Timur,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono menyampaikan, pihaknya siap untuk bersama-sama mengawal pembangunan jalan tembus Ngawi – Blora via jalur hutan Banjarejo – Getas.

“Kami berharap dengan adanya pembangunan jalan yang selama ini dikeluhkan masyarakat, nantinya aksesibilitas warga Ngawi ke Blora maupun Blora ke Ngawi akan semakin baik, semakin mudah. Dan geliat ekonomi masyarakat semakin tumbuh,” ucapnya.(MN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini