Seorang ibu sedang menggendong anaknya di Posyandu.(FOTO:TM/MN)

BLORA(TERASMEDIA.ID)– Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Jawa Tengah berharap kepada ratusan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk ikut mengawal program kesehatan yang ada di desa-desa melalui program Posyandu.

Sub Koordinator seksi Promkes Dinas Kesehatan Blora, Nanik Sri Mulyaningsih meminta peran serta aktif kepada para mahasiswa untuk ikut mendampingi petugas Posyandu di lapangan.

“Kami berharap agar para mahasiswa KKN di Blora ikut mengawal dan mendampingi petugas Posyandu saat bertugas melakukan penimbangan dan pengecekan kesehatan di desa-desa,” kata Nanik, Jumat (20/10/2023).

Nanik berharap kedepan mahasiswa ini memiliki andil besar dalam mengatasi setiap persoalan kesehatan di desa masing-masing.

“Jadi harapannya nanti setelah mahasiswa ini selesai KKN bisa mengimplementasikan apa yang didapat di kampusnya. Terlebih untuk kampung halamannya, sehingga bisa menjadi kader penggerak Posyandu,” harapnya.

Di Kelurahan Tambahrejo Kecamatan Blora Kota, sebanyak 8 mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diajak mengawal program posyandu oleh pemerintah desa setempat. Mereka dilatih melakukan penimbangan badan serta pemberian vitamin.

“Memang kemarin mahasiswa KKN yang ada di desa kami ajak turun ke lapangan untuk mengikuti program Posyandu, di dua lokasi, Dukuh Bangking sama Tambahrejo. Kita ajak timbang badan dan pemberian vitamin A. Karena memang bulan ini bertepatan dengan bulan pemberian vitamin A,” ucap Lurah Tambahrejo Marthin Uki Andhana.

Ke depan, kata Uki, para mahasiswa ini akan terus dilibatkan dalam setiap kegiatan yang ada di desa.

“Rencana nanti bersama ibu PKK mereka mau saya ajak untuk penanganan stunting di desa. Karena memang ada beberapa warga kami yang kena stunting. Semua hal nanti akan kami libatkan para mahasiswa ini,” tandasnya.(MN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini