Penampilan Sinok dan Sinang Kendal memakai jeans dan batik Kendal berjalan di atas panggung.(Foto:TM/ Ndre)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata(Disporapar) menggelar acara Fashion Show Jeans dan Batik Kendal, di Pantai Ngebum Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Minggu (29/10/2023).

Acara ini, dihadiri Sekretaris Daerah(Sekda) Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono, M.T., Kepala Disporapar Kendal, Irham Chalid, Disporapar Kabupaten Semarang, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah(OPD) terkait, Forkopimcam Kaliwungu beserta jajaran Pemerintah Desa Mororejo, dan diikuti oleh para pegiat UMKM Kendal, para anggota klaster Batik Kendal, sinok dan sinang Kendal, serta ribuan masyarakat pengunjung Pantai Ngebum.

Sekda Kendal, Ir. Sugiono menyampaikan sambutan Bupati Kendal yang mengatakan sangat menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, atas terselenggaranya kegiatan ini, yang mana diikuti sebanyak 22 Klaster Batik Kendal dan 10 Klaster Jeans.

“Event ini bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan produk Jeans Asli Kendal dan Batik Khas Kendal, dan olahan kuliner para pelaku UMKM, juga sebagai media promosi wisata daerah di Kabupaten Kendal,” kata Sekda Kendal.

Sekda Kendal juga mengatakan, bahwa Kendal memiliki kekayaan budaya lokal batik khas, sehingga jika terus dipromosikan dengan baik akan semakin menguatkan identitas Kendal di kancah regional Jawa Tengah bahkan nasional.

Menurut Sekda, selain batik, Kendal juga memiliki Jeans Cepokomulyo Kecamatan Gemuh, dengan nama produk Cardora yang sudah merambah pangsa pasar di Kota Bandung, Jawa Barat, Jawa Timur, Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan bahkan di Luar Negeri Malaysia dan Singapore.

Sekda berharap, melalui Fashion Show Jeans dan Batik Kendal ini semakin mengenalkan wajah budaya lokal Kendal, Khususnya batik dan jeans kepada masyarakat Kendal sendiri maupun di luar Kendal.

“Selain itu, semakin membuka akses bagi pengusaha dan pengrajin untuk menjangkau pasar yang lebih luas, termasuk luar negeri yang tentunya akan memberikan manfaat bagi keberlangsungan usaha dan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat,”ujar Sekda.

Sekda berharap, semoga jeans dan batik khas Kendal akan terus tumbuh dan berkembang di masa mendatang.

Kepala Disporapar Kendal, Irham Chalid menyampaikan bahwa, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mempromosikan pariwisata melalui event-event fashion show jeans dan batik sekaligus melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Kendal.

“Selain itu, juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat umum yang dikemas dalam sebuah promosi pariwisata dan event harmoni seni dan budaya,”kata Irham Chalid.

Menurut Irham Chalid, event fashion show jeans dan batik ini, dalam rangka promosi pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Kendal, khususnya di Pantai Ngebum Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu.

Irham juga mengatakan, kegiatan ini bekerja sama dengan pegiat wisata serta pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Kendal khususnya sub sektor kriya dalam hal ini adalah produk batik serta sub sektor fashion yang diwakili oleh jeans Cempoko Mulyo Kecamatan Gemuh.

Sementara itu, pelaku usaha jeans Cepokomulyo, Nurus Masudin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal dalam hal ini melalui Disporapar yang sudah memfasilitasi dan mempromosikan produk jeans Cardora yang diproduksi di Kabupaten Kendal.

“Semoga melalui kegiatan-kegiatan seperti ini akan lebih mengenalkan jeans Kendal, baik ke masyarakat lokal maupun luar daerah, hingga nasional,” harap Nurul Masudin.

Pemilik Sanggar Batik Widji Kendal, Widji Astutik juga menyampaikan terima kasih kepada Disporapar Kendal yang terus menerus mendampingi dan mempromosikan Batik Kendal, sehingga saat ini sudah banyak yang mengenal Batik Lokal Kabupaten Kendal.

Dalam acara tersebut dimeriahkan dengan penampilan Sinok dan Sinang Kendal memakai jeans dan batik Kendal berjalan mempromosikan kepada ribuan masyarakat yang berkunjung di Pantai Ngebum.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini