KENDAL(TERASMEDIA.ID)– SMK Bhinneka Patebon bersama United E-Motor, Launching Kelas Industri Sepeda Motor Listrik, di halaman sekolah setempat, Selasa (16/01/2024).

Launching ini, dihadiri Staf Ahli Bupati Kendal, Suharjo, Owner United E-Motor dan selaku Ketua BPD HIPMI Provinsi Jawa Tengah,Wulan Rudy Prasetiyo, Kepala Sekolah SMK Bhinneka Patebon, Nila Herawati, beserta ketua yayasan dan diikuti oleh para guru dan karyawan, Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Kustrisaptono, dan Camat Patebon, Abdul Mufid beserta Forkopimcam Patebon.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati Kendal, Suharjo menyambut baik atas adanya program Dealer United E-Motor di SMK Bhinneka Patebon ini, yang bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara sekolah menengah kejuruan dengan industri pada pembelajaran soft skill dan hard skill dengan membuka dealer motor listrik dan kelas industri.

“Dampak positif lainnya, seperti memberikan wawasan dan pengetahuan tentang motor listrik United E Motor kepada masyarakat khususnya para siswa, dan memberikan motivasi kepada peserta didik akan pentingnya transformasi ilmu dan perkembangan teknologi di masa depan. Sehingga dapat menciptakan lulusan yang sesuai kompetensinya. Selain itu, juga mendekatkan dunia akademik dan dunia usaha secara interaktif dalam memperluas informasi kebutuhan ketenagakerjaan,” papar Suharjo.

Suharjo berharap, dengan launching Dealer United E-Motor Kendal di SMK Bhinneka Patebon ini, akan bermanfaat bagi pengembangan jiwa entrepreneur bagi guru dan siswa, sehingga ke depan dapat membantu mengatasi atau menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Kendal.

Kepala Sekolah Bhinneka Patebon, Nila Herawati menyampaikan, bahwa SMK Bhineka memiliki jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM), dan nantinya akan menggunakan teknologi terbaru dan akan mengikuti perkembangan zaman, seperti adanya sepeda dan motor listrik yang sudah ramai digunakan.

“Maka dari itu, kami menggandeng pihak United E-Motor yang membidangi terkait dengan sepeda dan motor listrik, sehingga para siswi tidak sekedar paham dengan motor konvensional tetapi juga motor-motor listrik yang lebih ramah lingkungan,”kata Nila Herawati.

Herawati mengungkapkan, adapun bentuk kerja sama yang dilakukan, yaitu dengan MoU terkait dengan pelatihan kepada para siswa, agar nantinya bisa menservis motor listrik.

“MoU sementara hanya terkait servis, kalau perakitannya belum. Hal ini untuk penyerapan dunia kerja, sehingga jika nanti siswa lulus bisa langsung bekerja,”ucap Nila Herawati.

Sementara itu, Owner United E-Motor, Wulan Rudi Prasetyo menyampaikan, kolaborasi bersama SMK Bhinneka merupakan bentuk kerja sama yang sangat baik, karena Kendal memiliki potensi yang baik, sehingga pada hari ini pihaknya melakukan grand opening.

Wulan juga menyampaikan, bahwa prioritas utama adalah dari SMK Bhinneka, agar nanti para siswa bisa langsung praktek, baik langsung menjadi teknisi, administrasi dan pemasaran untuk motor maupun sepeda listrik dari United E-Motor.

“Kami berharap, dengan adanya kerja sama ini bisa meningkatkan SDM para siswa di SMK Bhinneka, dan harapannya hal yang baik ini nantinya bisa dicontoh oleh SMK lain di Kabupaten Kendal maupun SMK- SMK yang ada di Jawa Tengah,” ujar Wulan.

Acara dilanjutkan dengan peresmian Outlet United E-Motor Jambearum oleh Suharjo bersama Owner United E-Motor, dan Kepala Sekolah Bhinneka. Kemudian meninjau bazar hasil-hasil program dari SMK Bhinneka, dan mencoba sepeda motor listrik.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini