BLORA(TERASMEDIA.ID)– Wakil Ketua DPRD Blora, Siswanto menghadiri pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sengkuyung tahap 1 tahun 2024 di Desa Sendangrejo Kecamatan Ngawen, Selasa (20/02/2024).

Politisi Partai Golkar itu mengapresiasi kegiatan TMMD yang dinilainya sangat bermanfaat bagi warga.

Siswanto mengatakan, kegiataan TMMD memberikan efek besar dalam pembangunan di tiap desa. Manfaat program TMMD sangat dirasakan oleh masyarakat.

” Jadi memang kegiatan TMMD ini sangat luar biasa dan bagus. Karena berkontribusi dalam membangun suatu desa. Manfaatnya juga banyak dirasakan karena program-program yang digulirkan tidak hanya fisik saja,” kata Siswanto.

Siswanto berharap, Program TMMD bisa semakin ditingkatkan dan menyasar banyak desa-desa miskin lain. Pasalnya masih banyak desa lain yang butuh sentuhan program TMMD.

“Kalau kami di dewan harapannya agar semua desa yang memang miskin dan infrastukturnya sulit diakses agar dapat program TMMD ini. Karena memang kita tahu banyak desa-desa di tengah hutan yang masih perlu bantuan program ini,” harapnya.


Bupati Blora Arief Rohman, yang memimpin upacara pembukaan kegiatan TMMD Sengkuyung ini berpesan kepada yang mendapatkan penugasan, kecamatan, serta Pemerintah Desa Sendangrejo, agar tim ini bisa disiapkan dengan sebaik-baiknya, supaya on time, dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Tingkatkan koordinasi guna meminimalisasi permasalahan dan apabila menemui permasalahan/ hambatan dalam pelaksanaan kegiatan agar dapat segera mengambil langkah-langkah antisipatif terhadap kendala yang mungkin terjadi,” pesannya.

Adapun pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan diantaranya adalah pembangunan jalan Makadam (P 925 M x L 4 M x T 0,15 M), kemudian pembangunan Talud (P. 45,5 M x L. 0,3 M x T. 1,5 M), lalu Plat beton (P. 5 M x L. 1 M x T. 1 M), serta drainase (P. 53 M x T. 0,5 M x MD 0,6 M).

Selanjutnya untuk sasaran kegiatan non fisik akan dilaksanakan dengan melibatkan berbagai stake holder, antara lain, penyuluhan pendampingan industri perumahan oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Penyuluhan Dikmas Lantas dari Polres Blora, Penyuluhan peningkatan hasil pertanian dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Blora, Penyuluhan perkawinan dan perceraian dari Kemenag Blora.

Selanjutnya, penyuluhan dan pelayanan administrasi penduduk dari Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Kab. Blora, penyuluhan pencegahan dan mengatasi stunting dari Dindalduk & KB Kab. Blora, sosialisasi penyelesaian perkara pidana dengan pendekatan Restorative Justice dari Kejaksaan Negeri Blora, Penyuluhan Pos Bindu dan pelayanan Donor Darah dari PMI Kab. Blora.

Kemudian, penyuluhan pelestarian lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blora, penyuluhan pencegahan dan mengatasi Demam Berdarah dari DKK Kab. Blora, penyuluhan sertifikasi pertanahan dari Badan Pertanahan Nasional Kab. Blora.

Penyuluhan pernikahan anak dan stanting oleh PKK Kab. Blora, penyuluhan Wasbang dan bela negara dari Kodim 0721/Blora, penyuluhan dan keterampilan dari Persit KCK Cabang XLII Kodim 0721/Blora dan Bhayangkari Polres Cabang Blora, serta penyuluhan penanggulangan bencana dari BPBD Kab. Blora.(MN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini