DEMAK(TERASMEDIA.ID)– Pemerintah Kabupaten Demak lewat Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Demak, menggelar lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) dan lomba Penelitian tingkat Kabupaten Demak tahun 2023, di Hotel Amantis Demak, Senin(13/11/2023).

Lomba ini dilakukan agar muncul inovasi- inovasi dan penelitian- penelitian yang bisa mendukung dan mendorong terkait dengan proses perencanaan dan pembangunan yang ada di Kabupaten Demak.

Kepala Baperlitbangda Demak, Misbahatun Ni’amah menyampaikan, bahwa kemajuan dan kesejahteraan suatu daerah tidak saja dipengaruhi kekayaan sumber daya alam, namun ditentukan pola obyek kapasitas inovasi dan kreativitas masyarakatnya.

Menurut Misbahatun Ni’amah, hanya masyarakat yang kreatif dan inovasi bisa menjadikan perubahan masyarakat kearah lebih baik, lebih maju dan lebih sejahtera.

“Sehubungan hal tersebut, dipandang perlu adanya media yang dapat mendorong perkembangan budaya berkreasi dan berinovasi di Kabupaten Demak, diantara melalui inovasi dan penelitian,”kata Misbahatun Ni’amah.

Menurut Misbahatun Ni’mah, Baperlitbangda Demak, selalu melaksanakan kegiatan ini tiap tahun. Harapannya, dengan melaksanakan ini muncul inovasi- inovasi dan penelitian- penelitian yang bisa mendukung dan mendorong proses perencanaan dan pembangunan di Kabupaten Demak.

Pada lomba Krenova kali ini, Pemerintah Kabupaten Demak menyiapkan hadiah uang pembinaan, piagam dan trophy.

Sementara itu, Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah memberikan apresiasi atas terselenggaranya kembali lomba kreativitas dan inovasi serta lomba penelitian ini. Mengingat lomba ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi daerah.

“Saya sangat mengapresiasi atas terselengaranya lomba Krenova dan penelitian ini. Melalui Krenova ini, maka akan terciptanya berbagai inovasi dan teknologi yang mampu membantu kinerja kita yang tentu berguna untuk masyarakat,” kata bupati.

Bupati menjelaskan, inovasi yang dihasilkan memiliki peran sangat penting dalam mendorong percepatan pembangunan sekaligus meningkatkan daya saing daerah, yang tentu harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Demak.

Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Demak memberikan kesempatan seluas- luasnya bagi masyarakat, baik perorangan maupun kelompok untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Semoga kegiatan ini menjadi media terbuka bagi warga Demak untuk berkreasi dan berinovasi khususnya dibidang teknologi tepat guna,” harap bupati.

Menurut bupati, point penting dalam kompetisi ini adalah kreativitas yang dipadukan dengan teknologi. Maka, besar harapannya, hasil karya peserta lomba nantinya dapat dipublikasikan dan sudah tentu mempunyai manfaat yang berkelanjutan sehingga dapat diadopsi untuk kepentingan peningkatan kualitas hidup masyarakat.(VID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini