Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam sedang memimpin pelaksanaan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2024 di halaman Mapolres setempat.(Foto:TM/ Humas)

SRAGEN(TERASMEDIA.ID)– Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam memimpin pelaksanaan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2024 menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah bertempat di lapangan Mapolres Sragen, Kamis(04/04/2024).

Apel Gelar Pasukan ini dihadiri Wakil Bupati Sragen, Forkopimda Sragen serta Danyon 408 Suhbrasta dan melibatkan TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Ormas, Orari, Damkar, BPBD, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP Kabupaten Sragen.

Dalam sambutannya membacakan amanat Kapolri, Kapolres AKBP Jamal Alam menekankan pentingnya kesiapan pasukan dalam menjaga keamanan selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Selain itu, bahwa apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel serta sarana prasarana yang akan digunakan untuk pengamanan nanti, sekaligus memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama periode mudik dan arus balik.

“Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel serta sarana prasarana yang akan digunakan untuk pengamanan nanti,”kata Kapolres.

Menurut Kapolres, untuk lebaran tahun 2024 ini pihaknya melibatkan 568 personel, yang terdiri dari personel gabungan baik TNI-Polri, Kesehatan, Ormas, Orari, Damkar, BPBD, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP Kabupaten Sragen.

“Khusus untuk di wilayah Sragen ada 8 Pos Pengamanan Stasioner, 4 lokasi di rest area tol 519 A dan 519 B, 538 A dan 538 B, Pos Terpadu di Exit Pungkruk, dan Pos Terpadu di Exit Sragen Timur, Pos Pengamanan Gemolong dan Pos Suinergitas di Atrium,”ujar Kapolres.

Kapolres berharap, pasukan dari berbagai satuan diharapkan siap menghadapi berbagai tantangan yang mungkin timbul, seperti kecelakaan lalu lintas, peningkatan kriminalitas, dan potensi gangguan keamanan lainnya.

Kapolres juga menyampaikan, kesiapan Polres Sragen dalam melaksanakan pengamanan Operasi Ketupat Candi di wilayah Sragen, diantaranya dengan menyiapkan beberapa titik lokasi pengamanan pada jalur rawan macet dan rawan kecelakaan lalu lintas.

Khusus berkaitan dengan kepadatan arus mudik lebaran, Kapolres menyebut bahwa di wilayah Sragen yang menjadi prioritas yakni di Pos Gemolong.

“Selain itu, Polres Sragen juga telah menyiapkan beberapa pos pemantauan karena tingkat mobilitas dan kepadatan arus sangat tinggi seperti simpang Gambiran, simpang Beloran, simpang Alun-alun, simpang empat terminal lama, Pilangsari dan Tunjungan. Termasuk di arena black spot sekitar Puskesmas Ngrampal. Dan truble spot di Gemolong, yang menjadi perhatian khusus,”pungkasnya.(Humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini