BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Himpunan Mahasiswa (HIMA) Justitia Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Sukses gelar ajang International Conference on Legal Studies (ICOLAS 2023).

Acara digelar sebagai peringatan hari Lingkungan dan hari Laut Internasional Internasional di Aula Syamsuhadi Irsyad, Jum’at (9/6/2023) lalu.

Dekan Fakultas Hukum UMP, Dr. Soediro, S.H., LLM. mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, terutama kepada civitas akademika Fakultas Hukum dan Himpunan Mahasiswa Yustitia yang telah bekerja keras untuk mewujudkan konferensi internasional pertama ini.

“Kami berharap acara ini tidak hanya berhenti sampai di sini, namun dapat menjadi katalisator untuk acara-acara internasional selanjutnya,” harapnya saat dikonfirmasi di Purwokerto, Senin (12/06/2023).

Acara dibuka langsung Rektor UMP, Assoc. Prof. Dr. Jebul Suroso. Dalam Sambutanya, rektor memberikan apresiasi kepada civitas akademika FH UMP, khususnya HIMA Justitia yang telah menyelenggarakan event International Conference sekaligus Call for Papers ini.

“Kegiatan semacam ini sangat penting dan diperlukan bagi mahasiswa. Bukan hanya menempuh pengajaran di kelas namun juga menuangkan gagasan ilmiahnya dalam tulisan dan mendiskusikannya dalam forum ilmiah. Sehingga ide-ide yang ada dalam pikiran dapat tersalurkan kepada khalayak luas,” kata Prof. Dr. Jebul Suroso.

Jebul Suroso juga mengatakan, tidak banyak organisasi mahasiswa yang mampu menyelenggarakan event semacam ini. Semoga apa yang dilakukan HIMA Justitia ini ke depan akan menjadi tradisi akademik yang terus bergulir dan menular pada organisasi yang lain.

Ketua panitia M. Sodikul Amin menambahkan bahwa, kegitan ICOLAS 2023 dilaksanakan dua hari, yakni Rabu-Kamis, 7-8 Juni 2023. Masing-masing ada Planary Session dan Parallel Session.
Di Planary Session I sebagai narasumber adalah Assoc. Prof. Mohd. Hazmi dari Universitas Sains Islam Malaysia, Dr. Yusuf Saefudin dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan Ari Kurniawati, M.Si dari Hongaria.

Sedangkan, Narasumber di Planary Session II merupakan Para Pemuda Pemerhati Lingkungan, yakni Katim Lowe (Gambia), Sodikul Amin (Indonesia), M. Afiq (Malaysia). Total kegiatan ini diikuti oleh 363 peserta yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Gambia dan Hongaria, termasuk 104 Presenter yang menyampaikan gagasan ilmiahnya.

Panitia telah menyeleksi artikel terbaik dan presenter terbaik, seluruhnya akan diterbitkan di Jurnal Nasional Terindeks Sinta 2 dan 3. Sementara itu, artikel lainnya akan dipublikasikan dalam prosiding Internasional ISBN).

“Terimakasih kepada semua pihak, khususnya Rektor UMP, Dekan FH UMP, teman-teman HIMA Justitia dan BEM FH UMP yang telah bekerja keras menyelenggarakan event ini. Semoga kedepan event ini dapat terselenggara kembali dengan lebih baik,” kata M. Sodikul Amin.(BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini