BLORA(TERASMEDIA.ID)- Berbagai kegiatan warnai peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Blora, yang digelar di lapangan Desa Sidorejo, Kedungtuban, Senin (12/6).

Di acara yang dihadiri oleh Bupati Blora Arief Rohman, beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Ainia Shalichah itu, selain diisi dengan berbagai macam stand-stand pelayanan masyarakat juga diwarnai pameran produksi unggulan UMKM setempat.

Berbagai stand pelayanan itu diantaranya, pelayanan administrasi kependudukan dari Disdukcapil meliputi pelayanan KK, KTP, KIA, akta kelahiran dan Identitas Kependudukan Digital(IKD).

Berkaitan dengan kesehatan, turut dihadirkan pula pelayanan pemeriksaan kesehatan/cek kesehatan, vaksinasi dan juga donor darah yang bekerja sama dengan PMI Blora.

Belum lagi, di acara tersebut Dinas Perdagangan Koperasi Blora juga menyediakan tebus murah sembako dengan harga yang terjangkau.

Sebanyak 200 paket disediakan, dimana menyasar kepada masyarakat Desa Wado, Kemantren, Klagen, dan Sidorejo.

Selain itu terdapat aneka macam produk di bazar UMKM Kecamatan Kedungtuban yang tampil di area peringatan HKG tersebut.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, Bupati, Ketua TP PKK Blora, bersama Forkopimda, juga memberikan sejumlah bantuan, hasil kerja BBsama dengan Baznas, Dinsos, hingga PMI.

Berbagai bantuan itu, meliputi pemberian tali asih kepada lima marbot, dan 13 guru mengaji di Desa Sidorejo.

Pemberian satu kaki palsu dan dua kursi roda kepada masyarakat difabel yang ada di Klagen.

Bupati juga menyerahkan piagam dan tropi kejuaran lomba posyandu, penghargaan kader inspiratif, pemberian apresiasi kepada kader PKK tingkat desa dan kecamatan terlama serta kader posyandu terlama khususnya di wilayah Kedungtuban.

Bekerja sama dengan Literatur, Bupati juga memberikan apresiasi kepada kepala sekolah yang siswa-siswanya telah berhasil produktif dalam membuat buku.

Bupati Blora mengapresiasi sejumlah kegiatan yang digelar di peringatan HKG dan Pencanangan BBGRM tersebut.

Orang nomor satu di Blora ini, nampak berkeliling meninjau masing-masing stand. Juga membeli aneka produk pelaku UMKM Kecamatan Kedungtuban yang ditampilkan.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Blora, saya mengucapkan selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak kepada seluruh kader PKK di Kabupaten Blora. Apresiasi tertinggi saya sampaikan kepada seluruh panitia dan semua pihak yang telah berupaya hingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Semoga seluruh rangkaian kegiatan hari ini dapat berjalan dengan lancar dan membawa manfaat serta keberkahan bagi kita,”papar bupati.

Bupati berharap agar PKK senantiasa terus menghadirkan program dan kegiatan yang bermanfaat dan berdampak langsung pada masyarakat.

“Jalankan 10 Program Pokok PKK dengan kegiatan yang rasional. Perbanyak pula pelatihan-pelatihan teknis bagi para anggota. Sebab, peran wanita dalam membangun dan mengembangkan keluarga sangatlah penting. Jika didukung dengan pengetahuan dan keahlian yang memadai, wanita akan menjadi motor penggerak yang sangat strategis,” ujarnya.

Sejalan dengan tema peringatan HKG tahun ini yakni “ Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh “, setidaknya ada dua pesan strategis yang disampaikan Bupati Blora.

Pertama, terkait pentingnya sinergi dan konsolidasi yang tidak hanya dengan pihak eksternal, tetapi juga internal organisasi secara berjenjang dari tingkat kota hingga dasa wisma. Harus dipahami jika ketika relasi dari dalam sudah kuat, membangun jejaring dengan pihak eksternal tentu akan lebih mudah.

Kedua, ada PR yang harus dikerjakan yakni menuju keluarga sejahtera dan mewujudkan Indonesia tumbuh.

Terkait hal tersebut, Bupati berpesan kepada PKK agar bisa memberikan kegiatan- kegiatan yang berdampak langsung bagi masyarakat.(MG-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini