Ustadz Suedi Ahmad sedang menyampaikan khutbah di halaman RSUM Siti Aminah Bumiayu.(FOTO:TM/ TA)

BREBES(TERASMEDIA.ID)– Ribuan warga Muhammadiyah Cabang Bumiayu melaksanakan salat Idul Adha di 19 lokasi yang tersebar di beberapa tempat, Rabu(28/06/2023).

Mereka melaksanakan salat Idul Adha merujuk pada ketetapan PP Muhammadiyah bahwa hari raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Rabu (28/06/2023).

Wakil Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah(PCM) Bumiayu yang membidangi wakaf dan kehartabendaan, ustadz Suedi Ahmad dan bertindak sebagai imam dan khotib salat Idul Adha di halaman RSU Muhammadiyah Siti Aminah Bumiayu mengatakan, bahwa Idul Adha hari ini merupakan momen sebuah implementasi untuk meraih keberkahan dari rasa bersyukur karena menjadi media kepedulian manusia kepada lingkungan sekitarnya.

“Idul Adha pada hari ini mengajarkan kita semua agar memiliki kepedulian kepada sesama dalam bentuk pengorbanan daging kurban. Media inilah yang menjadi perekat nilai silaturrahmi dan memantapkan jiwa untuk saling berbagi antar sesama,”ungkap Ustadz Sueidi Ahmad yang juga Kepala SMPN 3 Paguyangan Brebes.

Ustadz Suedi Ahmad menekankan agar kita semua memahami makna berkurban sebagai proses pemantapan saling berbagi antar sesama saudara, sehingga tradisi ini akan memberikan pelajaran untuk saling menolong dan meringankan beban saudara kita yang sedang membutuhkan.

“Alangkah indahnya jika kita semua membiasakan diri untuk saling bersedekah, sehingga semangat yang diajarkan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS akan dapat menghadirkan perdamaian, sikap toleransi dan semakin mempererat tali silaturrahmi sesama umat Islam,” ujar Ustadz Sueidi Ahmad.

Salah seorang personil pengamanan dari Koramil 8 Bumiayu Sertu Joko Erwanto menyampaikan sangat berbahagia dapat ikut serta dalam proses pengamanan jalannya salat idul adha yang digelar oleh Majelis Tabligh PCM Bumiayu.

“Alhamdulillah pelaksanaan salat Idul Adha di wilayah Kecamatan Bumiayu yang terpusat pada 19 titik lokasi pada hari ini berjalan tertib dan lancar. Kami bersyukur karena gabungan personil Koramil dan Polsek Bumiayu dapat bersama-sama menjaga dan mengatur lalu lintas guna tertibnya pelaksanaan salat Idul Adha di 19 lokasi pada hari ini yang langsung dipimpin Kapolsek Bumiayu. Semoga ini akan menjadi media perkuat jalinan sinergitas dan ukhuwah seluruh umat Islam sehingga situasi kamtibmas akan selalu berjalan secara kondusif,”papar Sertu Joko Erwanto.

Sementara itu, Ustadz Drs.Mohammad Khanafi yang didaulat menjadi imam dan khotib di halaman SMP Muhammadiyah Bumiayu menyampaikan penting belajar dari keikhlasan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS yang telah mengajarkan kita untuk senantiasa membangun kebersamaan dan kepekaan sosial terhadap lingkungan dan sesama umat Islam.

“Idul Adha pada hari ini akan terus menjadi media perkuat tali silaturrahmi sebagai lambang ukhuwah dan persaudaraan sesama muslim yang telah dikuatkan iman dan ketaqwaannya,” tutur Ustadz Muhamad Khanafi Mantan Sekretaris PCM Bumiayu ini.

Selain di halaman RSU Muhammadiyah Siti Aminah dan Halaman SMP Muhammadiyah Bumiayu, Ustadz Sutriyono, S.Ag selaku Ketua Majelis Tabligh PCM Bumiayu mengatakan bahwa masih ada 17 tempat lagi yang menjadi lokasi pelaksanaan salat Idul Adha pada tahun 1444 H kali ini.

Berdasarkan Maklumat Nomor 1/MLM/1.0/E/2023, Pimpinan Pusat Muhammadiyah secara resmi telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada hari Rabu, 28 Juni 2023. Hal itu, mendasari hasil hisab hakiki wujudul hilal yang menjadi pedoman Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Hal ini berbeda dengan penetapan Pemerintah yang berdasarkan hasil sidang isbat pada 18 Juni 2023 yang telah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha jatuh pada 29 Juni 2023 yang bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1444 Hijriyah.

Adapun jadwal khotib, imam dan lokasi salat Idul Adha pada Rabu 28 Juni 2023 yang dikoordinir oleh Majelis Tabligh PCM Bumiayu adalah di Halaman Masjid Mujahidin Laren dengan Imam dan Khatib: Ustadz Sutriyono, S.Ag (Ketua Majelis Tabligh PCM Bumiayu/Mudir PPM MBS Bumiayu).

Sedangkan Ustadz Ahmad Zaki al-Hadis, S.Pd.I, M.Pd (Mudir PontrenMu al-Kautsar Bumiayu) akan menjadi imam dan khotib di Lapangan Muncang Desa Jatisawit Bumiayu.

Lokasi lainnya adalah Halaman Halaman SDN 04 Adisana dengan Imam dan Khatib: Ustadz M.Kuseri (Anggota MPK PCM Bumiayu/Pengasuh Pesantren Ash-shaf Karangpucung).

Sementara di Lapangan Desa Negaradaha yang bertindak menjadi Imam dan Khatib: Ustadz Yuni Subekti, S.Pd. Sedangkan di Perempatan musola Nurullah Karangturi yang akan menjadi imam dan Khatib: Ustadz. Utsman Arif Fatkha, Lc. M.Pd (Pengasuh PPM MBS Bumiayu).

Lokasi berikutnya adalah Halaman TK ABA Langkap dengan Imam: Kusnan, S.Pd.I dan Khatib: Faiz Hanani, S.Pd. MM (Kepala SMK Mutubumi). Lalu Shalat Idul Adha di Halaman SMP Negeri 3 Bumiayu dengan Imam dan Khatib: Ustadz Sepudin S.Pd.I (Wakil Ketua PCM Bumiayu). Sedangkan di Halaman SMK Mutu Bumi dengan Imam dan Khatib: Ustadz Ja’far Shodiq, S.Pd.I.

Sementara Shalat Idul Adha di Halaman Masjid At-Taqwa dan Halaman MIM Baruamba dengan Imam dan Khatib: Ustadz H. Erma Muttaqin, S.Pd.

Sementara itu, pelaksanaan Shalat Idul Adha di Lapangan depan SDN Pruwatan 03 akan dipimpin Imam: Ustadz Wasisto Kasnam dengan Khatib: Ustadz Hasan Bisri, S.Ag. Sedangkan di Halaman Masjid Baitul Atiq Adisana dengan Imam: Ananda Maulana Hirzin Annabi dan Khatib: Ananda Hendi Benta Anggoro.

Kemudian di Lapangan Dukuh Talok Desa Dukuhturi dengan Imam dan Khatib: M.Farhan. Sementara di Halaman Klinik PKU Muhammadiyah Ranting Penggarutan yang bertindak menjadi Imam: Ustadz Ir.Emie Mubarok, MBA dan Khatib: Ustadz M. Arifian Arsyil Majid, M.Pd.

Sedangkan di halaman Musholla Darul Arkom Legok Kalilangkap yang menjadi imam: Ustadz Alimudin, S.Ag, M.Pd (Kepala SMK Mutu Paguyangan) dan khatib:Ustadz Abdu Aziz, S.Pd. Sementara itu, pelaksanaan Salat Idul Adha di depan resmi Langkap akan dipimpin Imam dan Khatib: Ustadz H. Shalahuddin, S.Ag.

Sedangkan di Halaman Masjid al-Amin Kalisumur dengan Imam dan Khatib: Ustadz Sujono, BA serta Halaman Mushola al-Amin Sawangan dengan Imam dan Khatib: Ustadz Warfudin (TA).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini