Bupati Demak, dr. Hj. Eisti’anah sedang foto bersama.(FOTO:TM/ Dul)

DEMAK(TERASMEDIA.ID)– Dalam upaya untuk melestarikan warisan budaya dan sejarah yang berharga, Pemerintah Kabupaten Demak melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan(Dinperpusar) Kabupaten Demak, telah menggelar kegiatan sosialisasi bertema “Peningkatan Peran serta Masyarakat dalam Penyimpanan, Perawatan, Pelestarian, dan Pendaftaran Naskah Kuno” yang dilaksanakan di Aula Perpustakaan, Dinperpusar, belum lama ini.

Turut hadir dalam acara ini, Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah, Kepala Dinperpusar Kabupaten Demak, Agung Hidayanto, narasumber dari Kabid Pengelolaan Perpustakaan Dinas Kearsipan & Perpustakaan Prov Jateng Ir. Listyati Purnama Rusdiana, Rektor Universitas Veteran Bangun Nusantara Kab. Sukoharjo Adi Deswijaya.

Peserta berjumlah 40 orang terdiri dari komunitas sejarawan Demak, guru sejarah, pengasuh pondok pesantren, pengurus yayasan Sunan Kalijaga, Wakil Masjid Agung Demak, dan Wakil Masjid Kadilangu.

Bupati Demak, dr. Hj. Eisti’anah, mengatakan naskah kuno merupakan warisan budaya berharga, saksi sejarah, dan kekayaan intelektual bangsa kita. Sebagai upaya untuk melestarikan naskah kuno, peran serta masyarakat sangatlah penting.

“Oleh karenanya saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Dalam sosialisasi ini akan dibahas pentingnya pemahaman nilai-nilai budaya yang terkandung dalam naskah kuno serta tindakan nyata dalam menjaga dan melestarikannya,” tuturnya.

Menurutnya, dunia yang sudah di era digitalisasi, melalui Dinperpusar, pelestarian naskah kuno dapat dilestarikan dengan mengalihmediakan naskah kuno melalui proses digitalisasi, sehingga dapat tetap terjaga dan terlindungi.

“Maka saya imbau kepada seluruh hadirin untuk berpartisipasi dalam upaya pelestarian naskah kuno,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinperpusar Kabupaten Demak, Agung Hidayanto selaku panitia penyelenggara melaporkan, bahwa saat ini naskah kuno yang dimiliki dan disimpan masyarakat belum memadai sepenuhnya, nilai penting bagi kebudayaan nasional, sejah dan ilmu pengetahuan.

Maka dari itu, diperlukan upaya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana menyimpan naskah kuno agar dapat membawa manfaat bagi peradaban bangsa. (Dul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini