YOGYAKARTA(TERASMEDIA.ID)-Lembaga Pengembangan Pesantren (LP2) PP Muhammadiyah menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Prambanan Sleman, Yogyakarta yang berlangsung mulai Jumat hingga Minggu (7-9/7/2023).

Rakernas ini diikuti oleh semua perwakilan LP2 Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) di seluruh Indonesia, LPP PWM Jawa Tengah pun ikut menjadi peserta rapat yang hadir.

Adapun LPP PWM Jawa Tengah diwakili langsung oleh Ketua KH.M. Irzal Fadholi dan Sekretarisnya M. Asimul Irfi.

Rakernas LPP PP Muhammadiyah ini bertema “Revitalisasi Pesantren Muhammadiyah Sebagai Pusat Kaderisasi Ulama Untuk Dakwah Islam Berkemajuan”.

Dalam sambutannya, Ketua LP2 PP Muhammadiyah, Dr.H.Maskuri, M.Ed. mengatakan, Rakernas merupakan wadah untuk mensosialisasikan kebijakan PP Muhammadiyah tentang pengembangan pesantren.

Sekaligus memaparkan program kerja LP2 PP periode 2022-2027 kepada LP2 PWM se-Indonesia.

“Ini momentum konsolidasi, koordinasi dan kolaborasi LP2 PP Muhammadiyah dengan wilayah,” kata Dr.H.Maskuri, M.Ed.

Rakernas ini dibuka oleh Ketua Dewan Pakar LPP PP Muhammadiyah, KH. Dr. Habib Chirzin, MA.

Sebagai peserta rakernas ketua LPP PWM Jateng KH. M. Irzal Fadholi, M.Pd., M.Pd.I., menyampaikan bahwa Rakernas ini menjadi tolak ukur pesantren Muhammadiyah lima tahun ke depan.

“Pesantren Muhammadiyah di Jawa Tengah yang jumlahnya 180 tersebut dengan berbagai model butuh keseriusan dalam pengelolaannya, sehingga kontribusi pesantren Muhammadiyah dapat dirasakan manfaatnya oleh bangsa dan persyarikatan khusunya sebagai pusat kaderisasi ulama,”papar ketua LPP PWM Jateng KH. M. Irzal Fadholi, M.Pd., M.Pd.I.

Rakernas LPP PP Muhammadiyah ini, dihadiri oleh 56 peserta yang terdiri dari Dewan Pakar, Pengurus LPP PP Muhammadiyah dan ketua serta sekretaris LPP PWM yang berjumlah 14 wilayah Muhammadiyah se-Indonesia.(TA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini