DEMAK(TERASMEDIA.ID)-Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah membuka acara pembekalan Kapala Desa (Kades) yang dilantik tahun 2023 oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Gedung Grhadika Bina Praja Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan yang dihadiri 54 kepala desa dari 14 kecamatan di Kabupaten Demak ini, merupakan inisiasi dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Demak.

Adapun tujuan dari pembekalan Kades adalah untuk menjaga kondusifitas menjelang Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta Pemilu pada tahun 2024.

“Nataru dan Pemilu 2024 merupakan dua aspek krusial yang membutuhkan perhatian khusus dan kolaborasi antara Pemerintah Daerah, Forkopimda dan kepala desa,” kata Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah, Selasa (12/12/2023).

Menurut Eisti’anah, Natal sebagai momen keagamaan yang sarat makna damai dan kasih, dan Pemilu 2024 sebagai panggung demokrasi yang menentukan arah masa depan bangsa. Dua momen besar itu membutuhkan sinergi dan kerja sama semua.

“Sinergi antara pemerintah daerah, Forkopimda dan kepala desa menjadi kunci utama untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran pelaksanaan kedua momen tersebut,” ungkap Eisti’anah.

Eisti’anah menyampaikan, melalui sinergitas yang kokoh dapat menciptakan Natal yang penuh makna, merayakan kebersamaan dengan rukun dan damai.

Selain itu, persiapan yang matang juga diperlukan untuk menghadapi Pemilu 2024, memastikan setiap warga memiliki hak untuk berpartisipasi dan memberikan suara dengan aman.

“Kita perlu menciptakan kehidupan yang harmonis, rukun dan damai, sehingga setiap warga dapat merayakan keberagaman dengan penuh kedamaian serta dapat berpartisipasi dalam proses demokrasi tanpa gangguan” terang Eisti’anah.

Selain itu, Eisti’anah mengajak kepada seluruh komponen masyarakat terutama para kepala desa untuk berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan Natal dan Pemilu 2024.

“Mari kita tinggalkan perbedaan dan fokus pada persatuan serta kesatuan kita sebagai bangsa yang berbhineka, ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Demak, Kendarsih Iriani mengatakan pembekalan kepala desa yang dilantik pada tahun 2023 oleh Forkopimda bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan.

Selain itu, untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan perangkat daerah dan instansi terkait, dan meningkatkan sinergitas serta menjaga kondusifitas di 54 desa yang ada di Kabupaten Demak.

“Maksud dan tujuan yaitu menjaga kondusifitas menjelang hari Natal tahun 2023 dan tahun baru 2024, serta Pemilu tahun 2024,”ucapnya. (VID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini