BLORA(TERASMEDIA.ID)-Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora, Siswanto mengajak anak-anak sekolah untuk melestarikan kesenian daerah. Salah satunya adalah kesenian tradisional Barongan, yang selama ini jadi ikon pertunjukan di daerah.

“Kami mengajak anak-anak sekolah untuk mengenal kesenian tradisional. Karena itu, bagian dari warisan nenek moyang masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Blora. Ya kami ajak anak-anak untuk nguri-uri kesenian Barongan,” ujar Siswanto di depan anak-anak murid TK Pertiwi, Desa Sambongrejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Sabtu (09/12/2023).

Siswanto secara khusus menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara TK Pertiwi dalam rangka Hari Ulang Tahun(HUT) Kabupaten Blora yang ke- 274. Di acara tersebut, Siswanto yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar, Kabupaten Blora ini mengaku, senang bisa berbaur dengan anak-anak TK Pertiwi.


“Saya berharap ke Bapak/ Ibu tenaga pengajar di sekolahan ini, setidaknya bisa mengenalkan apa yang diwariskan para leluhur kita. Seperti kesenian Barongan yang telah melegenda di Blora. Jadi, kalau sejak kecil dikenalkan tentang apa itu kesenian, nanti anak bisa memilih sesuai bakatnya nanti,” ungkap Siswanto.

Siswanto menyampaikan, selain kesenian tradisional, anak-anak di Sambongrejo juga dikenalkan berbagai macam olahraga. Seperti bola voli, sepak bola, futsal, atau jenis olahraga lain yang bisa diperkenalkan masyarakat.

“Siapa tahu setelah bapak-ibu guru memperkenalkan tentang apa itu kesenian atau apa itu jenis olahraga, bakat mereka bisa tumbuh dan kemudian mendalaminya. Ini untuk perhatian kita semua. Orangtua, bapak-ibu guru untuk peduli dengan pertumbuhan anak-anak kita,” tandas Siswanto.

Di acara syukuran TK Pertiwi ini, pengurus sekolah juga mengundang seni pertunjukan tradisional Barongan Singo Lodaya.

Tasyakuran TK Pertiwi ini sekaligus nanggap Barongan Singo Lodoyo, yang tak lain adalah tetangga sendiri dan pentasnya juga baik. Karena nanti ada ceritanya, ada lakonnya, juga ada pertunjukannya.

“Jadi mboten tolek toggling mawon. Jadi anak-anak nanti bisa ikut bermain, dengan pertunjukan barongan, bisa riang dan gembira,” ungkap Siswanto.

Siswanto juga menyampaikan, anak-anak yang suka nonton, bisa menghubungi Mas Uli, Mas Kecil, Pak Wibowo untuk berkomunikasi.

Setidaknya anak-anak itu punya wawasan akan kesenian tradisional akan kesenian khas Kabupaten Blora. Tak kalah penting, bagi anak-anak yang punya bakat seni barongan, bisa tersalurkan.

Di acara tersebut, Siswanto juga memberikan bantuan kepada pengurus TK Pertiwi untuk kegiatan karya wisata. Bantuan sebesar Rp 3 juta, diserahkan langsung Siswanto yang datang bersama istrinya.

“Ini bantuan sedikit, untuk karya wisata anak-anak dan Ibu-ibu ya. Semoga bermanfaat,” pungkasnya.(MN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini