GROBOGAN(TERASMEDIA. ID)- Ratusan Kepala Desa(Kades) di Grobogan diundang untuk menghadiri acara reses yang dilakukan oleh anggota Komisi V DPR RI, Sudewo di Desa Klambu Grobogan, Kamis(11/01/2024).

Acara yang dihadiri ratusan Kades tersebut digelar secara tertutup di Rumah Joglo milik Ketua Partai Gerindra Kabupaten Grobogan, Sugeng Prasetyo.

Saat acara berlangsung, petugas Panwaslu kecamatan dan awak media dilarang masuk atau mendekati lokasi, sehingga tidak mengetahui apa yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut.

Ketua Panwascam Klambu, Indarto mengatakan dirinya hadir sejak pukul 8.30 WIB di lokasi, namun karena diminta pemilik rumah keluar, pihaknya duduk di luar pagar.

“Saya diminta di luar, tak hanya saya, anggota polisi yang hadir di lokasi juga tidak diperbolehkan mendekat termasuk para wartawan,” terangnya, Kamis (11/01/2024).

Usai kegiatan, sejumlah wartawan baru diperkenankan masuk di lokasi.

Pemilik rumah, Sugeng Prasetyo mengatakan pihaknya tidak berhak menyampaikan apa yang dibicarakan dalam acara reses.

“Di sini kami hanya ketempatan, sehingga tidak berhak menyampaikan kepada media,” terangnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti mengatakan, hingga saat ini kegiatan serupa telah dilakukan oleh Partai Gerindra sebanyak tiga kali.

“Pertama, di Kecamatan Gubug, kedua di Hotel 21 Purwodadi, dan ketiga hari ini di Klambu,” terangnya.

Ia mengatakan, jika memang kegiatan yang dilakukan adalah reses murni seharusnya dilakukan secara terbuka, yakni dengan memberikan tembusan ke Polres Grobogan dan Bawaslu.

“Jika memang ada kampanye terselubung, saat reses berlangsung, justru masuk dalam ranah pidana Pemilu,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, saat pengawas mendatangi lokasi sering kali mendapat penolakan dari pihak penyelenggara, termasuk yang terjadi di Gubug beberapa waktu lalu.

“Saat kegiatan berlangsung di Hotel 21, pengawas sempat terobos masuk, namun hanya boleh mengambil satu foto kegiatan,” jelasnya.

Pihaknya berencana, segera mengirimkan surat imbauan kepada pimpinan partai Gerindra.(Han)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini