BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Korps Sukarela (KSR) PMI Universitss Jenderal Sudirman (Unsoed) Purwokerto mengadakan “Webinar Nasional Kenali Strategi yang Tepat dalam Pelaksanaan Improvised First Aid dalam Situasi Darurat”, di sebuah ruangan setempat, Sabtu (27/08/2022).

Ketua panitia kegiatan webinar, Eka Fatimatuzahro, mengatakan, tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk mengedukasi kepada para relawan di masyarakat luas, agar mempunyai kemampuan merespon secara efektif pertolongan pertama dalam situasi krisis.

Pengurus PMI Kabupaten Banyumas, Ir’syam Prihadi, menyatakan salut dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada panitia kegiatan dan KSR Unsoed Purwokerto yang telah berperan aktif untuk mengedukasi masyarakat luas terutama dalam hal melakukan pertolongan pertama dalam situasi darurat.

” Tujuan pertolongan pertama yang menjadi prioritas adalah jiwa, selanjutnya bertujuan membantu mengurangi cidera dan penderitaan serta meningkatkan bantuan hidup dasar sehingga pelatihan tentang pertolongan pertama harus terbuka dan dapat diakses untuk semua orang. Sehingga kemampuan masyarakat awam dalam melakukan improvisasi pertolongan pertama dapat efektif,” papar Irsyad Prihadi selaku Pengurus Bidang Diklat dan PMR PMI Banyumas.

Pembicara webinar nasional Edi Purwanto, yang juga merupakan First Aid and Disaster Management Traineer dan tim penulis Buku Pertolongan Pertama, serta relawan PMI Banjarnegara, menyampaikan bahwa sesungguhnya naluri menolong dan kebutuhan ditolong sudah ada sejak adanya manusia.

Dalam situasi darurat, kata Edi Purwanto, masyarakat yang akan melakukan pertolongan bencana harus bersikap tenang, hati hati, memahami masalah, memahami tindakan kunci dan memprioritaskan.

“Selain itu, juga harus memahami pedoman penanganan, mengenali apa saja yang dapat diakses di lingkungannya dengan tetap menggunakan kaidah yang ada, dan penanganan sesuai rantai perilaku mempertahankan hidup (chain of survival behaviours).(WR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini