Sejumlah siswa sedang balapan karung di depan sekolahan.(FOTO:TM/ SL)

SRAGEN(TERASMEDIA.ID)-Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77, SMP Negeri 2 Sambirejo, mengadakan jalan sehat dan berbagai macam lomba di halaman SMP setempat, Jumat 12 Agustus 2022.

Kegiatan lomba dilanjutkan hari Sabtu 13 Agustus 2022 dan Minggu 14 Agustus 2022.

Kepala Sekolah SMP N 2 Sambirejo, Heni Rina Setiyawati, M.Pd., mengatakan,tujuan diadakannya kegiatan ini, selain menyemarakan HUT RI ke -77, juga untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia.

Ini tak lain, lanjut Heni, guna membangkitkan semangat siswa dalam menyongsong masa depan setelah dua tahun mengalami masa pandemi Covid-19.

” Dengan adanya kegiatan ini, maka kami mengharapkan serangkaian kegiatan yang dimulai dari jalan sehat hari Jum’at dan perlombaan siswa serta guru pada hari Sabtu, peringatan HUT RI ke -77 siswa bisa mengimplementasikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat mempersatukan bangsa Indonesia untuk menghadapi tantangan yang ada,” papar Heni,”Minggu(14/08/2022).

Karena menurut Heni, dasar negara mampu menuntun untuk bersama pulih lebih cepat, agar mampu dan siap menghadapi segala tantangan global menuju Indonesia lebih maju.

Selain itu, substansi kegiatan ini adalah mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya sebuah perjuangan yang dibungkus dengan kegiatan perlombaan, karena pahlawan ketika mempertahankan kemerdekaan ini dengan perjuangan dan darah mereka.

Sementara itu, Waka Kesiswaan, Suyatno, S.Pd., yang didampingi panitia lomba, Drs. Suyatno, menjelaskan, kegiatan jalan sehat diikuti sekitar 500 peserta yang terdiri dari semua siswa, guru, dan staf pegawai.

Start jalan sehat dimulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 9.00 WIB di halaman SMP N 2 SAMBIREJO, dengan menempuh jarak 3 kilo meter.

Selama perjalanan, peserta jalan sehat diwajibkan menyanyikan lagu- lagu perjuangan serta harus tertib menjaga etika sopan santun dalam menjaga nama almamater.

“Peserta jalan sehat juga harus memakai masker untuk mengutamakan keselamatan dan mematuhi prokes,”kata Waka Kesiswaan Suyatno.

Selain itu, peserta juga boleh berkreasi misal memakai kostum pahlawan kemerdekaan seperti pangeran Diponegoro, Bung Karno, dan lain- lain.

Peserta juga dianjurkan membawa bendera merah putih kecil untuk dikibarkan selama perjalanan, menghias wajah dengan stiker bendera merah putih dan kreasi lainnya.

Tujuannya adalah, agar siswa mengetahui perjuangan para pahlawan negara ini dalam menjaga kemerdekaan. Sedangkan untuk lomba hari Sabtu mengambil tema kreasi dan aktualisasi diri, dikarenakan tahap ini siswa bisa mengimplementasikan sebuah perjuangan melalui nomor lomba,” papar Suyatno.

Sementara itu, Frida Elsa Eri Indrayani kelas VII B peserta lomba balap kelereng, sekaligus keluar sebagai juara 1 kelompok putri, mengaku sangat berterimakasih dan bahagia bisa mengikuti lomba ini untuk memperingati dan memeriahkan HUT RI ke-77.

Hal senada juga disampaikan Sando VIII E yang mendapat juara 1 lomba balap karung kelompok putra. Ia mengaku sangat senang karena bisa ikut berpartisipasi dalam memeriahkan HUT RI ke- 77 ini.

“Semoga kedepannya bisa bertambah meriah lagi,” pintanya.(SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini