CILACAP(TERASMEDIA.ID)– Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, bergerak cepat mengecek dan meninjau situasi dan kondisi banjir di wilayah Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap, Sabtu (08/10/2022).

Pengecekan ke lokasi terdampak banjir didampingi Bupati Cilacap H.Tatto Suwarto beserta Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, Kepala BPBD Cilacap Drs.Wijonardi, Kadinsos Cilacap Arida Puji Astuti dan turut serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Natania Yudha Airlangga dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap Ny.Ninda Andi Afandi.

Dengan menggunakan LCR dari BPBD Cilacap, mereka mengecek dan meninjau secara langsung situasi dan kondisi masyarakat terdampak banjir di Desa Kalijeruk, Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap.

Banjir ini, terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi sejak Jumat hingga Sabtu pagi (08/10/2022) mengakibatkan sungai Jakadenda yang ada di desa tersebut meluap dan menggenangi permukiman warga, serta akses jalan masuk desa tergenang air setinggi kurang lebih dua meter.

Akibat banjir ini, puluhan warga Desa Kalijeruk, Kecamatan Kawunganten, mengungsi ke tetangga desa dengan menggunakan sarana yang ada sebelum bantuan baik dari Kodim Cilacap, Pemkab Cilacap dan BPBD Cilacap datang.

Selain melihat secara langsung situasi, kondisi masyarakat, dan sarana prasarana, Danrem 071/Wijayakusuma menyerahkan bantuan logistik kepada BPBD dan menyerahkan bantuan logistik langsung kepada masyarakat Desa Kalijeruk, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap yang belum mengungsi.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, mengatakan, kedatangannya ke lokasi banjir ini, untuk mengecek secara langsung kondisi dan situasi masyarakat serta melihat sejauh mana penanganan bencana banjir ini.

“Kami dari Korem 071 kemudian Kodim Cilacap, Polsek, Pemda, BPBD, Tagana dan komunitas Jib, akan mencapai wilayah yang cukup jauh dan terpelosok sehingga membutuhkan kendaraan khusus untuk membantu masyarakat,” kata Danrem 071/ Wijayakusuma.

Menurut Danrem 071, Korem 071/Wijayakusuma memberikan bantuan berupa beras, sembako dan perlengkapan baju ganti anak-anak ataupun baju ibu-ibu.

Sementara itu, Bupati Cilacap H.Tatto Suwarto menyampaikan apresiasinya atas gerak cepat yang dilakukan oleh Danrem 071/Wijayakusuma dalam penanganan bencana alam banjir ini.

“Di wilayah Cilacap banjir hampir terjadi setiap tahunnya. Maka mau tidak mau kita harus siap menghadapi hal ini. Tapi kali ini, lebih parah, karena adanya penebangan hutan yang tidak dibarengi dengan reboisasi atau penghijauan kembali,” tuturnya.

Bupati juga mengimbau kepada pihak Perhutani agar penebangan hutan harus dibarengi dengan penanaman pohon kembali agar tidak terjadi bencana banjir seperti saat ini.(WR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini