BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Cilacap menggelar pelatihan potensi SAR teknik pencarian dan pertolongan di permukaan air (water rescue) Selasa (19/07/2022).

Pelatihan yang melibatkan 50 orang peserta ini berasal dari berbagai organisasi dan instansi pemerintah yang dilaksanakan di Gedung Graha Tektona Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Pelatihan ini digelar dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian sumber daya manusia pada potensi pencarian dan pertolongan.

Tentunya, hal ini sangat diperlukan dalam pelaksanaan operasi SAR khususnya di permukaan air dalam penanganan kecelakaan maupun musibah yang terjadi di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap.

Bupati Banyumas yang diwakili oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas Budi Nugroho, memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan ini.

“Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan sehingga ilmu yang sudah didapat nantinya mampu diterapkan dengan pengetahuan dan keterampilan yang kompeten,” kata Budi Nugroho.

Sementara itu, Direktur Bina Potensi Bsarnas Drs. Mochamad Hernanto, menyampaikan bahwa sebuah instansi yang tidak bisa berdiri sendiri, peran potensi SAR sangat diperlukan pada saat penyelenggaraan operasi SAR.

Dan seperti diketahui bahwa Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap memiliki wilayah kerja yang sangat luas dengan mencakup enam kabupaten, maka dengan adanya pelatihan potensi SAR ini diharapkan dapat membantu meningkatkan dan mempercepat response time pada saat terjadi suatu kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan jiwa manusia.

“Sehingga akan menghasilkan pelayanan SAR yang lebih cepat, tepat, dan efektif,”ujar Muchamad Hernanto.

Pelatihan potensi SAR ini akan diselenggarakan selama tujuh hari mendatang, dengan pembekalan berupa materi dan praktek yang nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat kompetensi SAR resmi dari Basarnas.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini