BLORA(TERASMEDIA.ID)– Kirab Budaya yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora ke – 273, tepat pada 11 Desember 2022, berlangsung meriah.

Masyarakat Blora bahkan sangat antusias menyaksikan kirab yang berlangsung di sepanjang Jalan Pemuda hingga Jalan Ahmad Yani.

Start dari Pendopo Kabupaten, Bupati  Arief Rohman, beserta Ketua Tim Penggerak PKK, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati,  beserta suami, dan Forkopimda Blora beserta istri/suami, lengkap dan serasi mengenakan pakaian adat jawa, beskap, jarik, lengkap dengan blangkon.

Begitu keluar melewati Gerbang Pendopo, ratusan  warga dari berbagai kalangan usia sudah antusias menantikan kedatangan rombongan kirab. Berbekal gawai, mereka nampak mengabadikan momen saat Bupati dan Wakil Bupati mengikuti kirab.

Mengenakan beskap Gaya Mangkunegaran dan jarik,  Bupati beserta rombongan kirab berjalan kaki, dari Alun-Alun hingga Kantor DPRD Blora.

Meski demikian,  Bupati Arief mengaku merasa senang dan tidak capek, karena bertemu dengan masyarakat banyak yang sangat antusias dengan adanya kirab ini.

“Tidak capek, tadi sepanjang jalan bisa menyapa  masyarakat, momen setahun sekali dan tadi berfoto-foto bersama masyarakat,” kata Bupati Blora Arief Rohman.

Arief berharap momentum hari jadi ini bisa menjadi semangat untuk sesarengan agar Blora bisa semakin maju.

“Harapannya, semoga Blora semakin maju semakin dan sukses kedepannya,” harapnya.

Setibanya di panggung display di depan DPRD Blora, Bupati dan Wakil Bupati menyaksikan penampilan dari masing-masing peserta.

Mulai dari penampilan kesenian Barongan, kesenian tayub, Reog, jaranan, pentas teater, tarian pasukan Ki Soreng,  barongsai, dan masih banyak penampilan menarik lainnya.

Salah satu warga bernama Eko (31), mengaku senang dan menyambut positif adanya kirab budaya ini.

“Saya berdua sama anak, nonton kirab budaya ini. Anak saya suka sama Barongan. Kirab ini bagus, banyak kesenian-kesenian Blora yang dipentaskan dan bisa menghibur. Anak-anak juga biar kenal dan suka budaya kita,” ujarnya.(MG-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini