PEKALONGAN(TERASMEDIA.ID)– Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, secara simbolis menyalurkan tali asih berupa uang pembinaan kepada 10 Siswa SMA Negeri 1 Talun yang berprestasi dalam acara ‘Bupati Menyapa’ di SMA Negeri 1 Talun Kecamatan Talun, Kamis (16/03/2023).

Bupati Pekalongan menyampaikan dukungan kepada para siswa SMA Negeri 1 Talun untuk dapat melanjutkan sekolahnya hingga ke jenjang perguruan tinggi.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi kalian untuk melanjutkan sekolah hingga perguruan tinggi. Saat ini sudah banyak sekolah-sekolah ikatan dinas yang gratis. Asal kalian mau mendaftar, mau mencari tau, dan asal kalian mau bersaing dengan orang lain insya allah bisa. Ibu doakan semoga kalian bisa kuliah semua,” papar bupati.

Bupati menyampaikan bahwa bagi siswa yang tidak ingin melanjutkan ke jenjang kuliah dan memilih bekerja, Pemerintah Kabupaten Pekalongan juga memberikan dukungan dan fasilitasi berupa pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan melalui Balai Latihan kerja (BLK).

“Di Kabupaten Pekalongan kita memiliki balai latihan kerja tempatnya di Bojong. Bagi anak-anak yang tidak melanjutkan kuliah, kalian bisa latihan bekerja di situ dan gratis. Berbagai macam pelatihan di sana yang bisa kalian ikuti sebagai bekal terjun ke dunia kerja,” ujar bupati.

Bupati menegaskan bahwa yang terpenting bagi para siswa selaku generasi generasi muda dapat mengejar cita-citanya dan menjadi orang hebat serta tidak terburu-buru menikah.

“Pilihan apapun yang nanti akan kalian ambil baik itu kuliah atau bekerja yang terpenting jangan lulus sekolah buru-buru menikah. Karena kalau kalian lulus langsung menikah, hamil juga di usia terlalu muda, yang laki-laki masih suka main, tidak paham perannya sebagai suami. Kasihan istri dan anaknya bisa menyebabkan stress yang berakibat stunting bahkan kematian ibu dan anak,” tetang bupati.

Bupati juga mengapresiasi kepada pihak sekolah, Pemerintah Kecamatan, dan Pemerintah Desa yang selama ini telah memberi dukungan dan dorongan kepada anak-anak di Kecamatan Talun untuk melanjutkan sekolah, sehingga tiap tahunnya jumlah siswa SMA Negeri 1 Talun meningkat.

“SMA Negeri 1 Talun ini setiap tahun tetus meningkat jumlah muridnya. Kepala sekolah dan timnya telah melakukan perannya dengan baik, serta pastinya tidak lupa disupport oleh Pemerintah Desa yang ada dan juga Pemerintah Kecamatan. Kita harus bisa mensupport anak-anak ini supaya bisa sekolah,” pungkasnya.(YG)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini