Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi(Tengah) saat menyampaikan terkait sumur bor dan pompa air kepada sejumlah wartawan.(FOTO:TM/ Ndre)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, beserta jajarannya dan Bupati Kendal Dico M Ganinduto, meresmikan penggunaan sumur bor dan pompa air di Desa Rowobranten, Kecamatan Ringinarum, Jumat(08/09/2023).

Sumur bor dan pompa air ini, batuan dari Polda Jateng yang merupakan implementasi perintah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam program ‘’Polri Peduli Lingkungan, Bantuan Sumur Bor dan Pompa Air’’.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, pada saat ini adalah musim kemarau yang tidak tahu sampai kapan akan selesai.

Bantuan sumur bor dan pompa air ini, merupakan kegiatan sebagian kecil dari program Kapolri, khususnya Polda Jawa Tengah untuk menyelesaikan permasalahan di tengah-tengah masyarakat terkait dengan air bersih.

“Besar harapan saya, bahwa para Kapolres di Jawa Tengah, nanti akan melaksanakan program ini secara mandiri, yang nanti akan dikendalikan oleh Kepala Biro Operasional(Karoops) Jateng,”kata Kapolda Jateng.

Kapolda Jateng juga menyampaikan, pihaknya akan memprioritaskan tempat-tempat yang akan ia lakukan eksplorasi secepat mungkin secara bertahap, yang pertama di Polrestabes Semarang terutama yang ada di Kelurahan Jabungan, dan pihaknya optimis dalam minggu ini akan bisa diselesaikan.

Menurut Kapolda Jateng, di Jawa Tengah ada 16 Polres atau 16 Kabupaten yang mengalami kekeringan dan mendapat bantuan sumur bor dan pompa air. Enam belas Kabupaten itu antara lain, Polres Demak terdapat dua dusun yakni dusun Gundul dan Dusun Galuran.

Polres Pati ada 9 Dusun, Polres Jepara ada satu dusun, Polres Rembang ada tiga dusun, Polres Blora ada dua dusun, Polres Grobogan ada empat dusun, Polres Pekalongan ada satu dusun, Polres Purworejo satu dusun, Polres Banyumas ada tiga dusun, Polres Purbalingga ada tiga dusun, Polres Sukoharjo ada empat dusun, Polres Karanganyar satu dusun, Boyolali ada 14 dusun, Wonogiri ada tujuh dusun, dan Polres Sragen ada 14 dusun.

“Dalam Minggu ini, 16 Polres atau 16 kabupaten ini, akan segera kita lakukan akselerasi, dan akan dilakukan oleh Polres masing- masing,”ujar Kapolda Jateng.

Kapolda Jateng menyampaikan, bahwa Polri merupakan salah satu institusi sebagai perwakilan negara yang harus hadir di tengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, hadirnya Polri, harus disertai dengan adanya suatu harapan masyarakat yang tentunya Polri harus ada di segala bentuk kegiatan yang dilakukan.

“Saya yakin, Polri tidak bisa berdiri sendiri, oleh karena itu, saya mengharapkan stakeholder yang ada di kabupaten/ kota untuk ikut serta dalam rangka rasa memiliki terkait dengan air bersih,”ucap Kapolda.

Kapolda menyampaikan, bahwa kegiatan ini adalah bagian kecil bakti sosial yang diciptakan atau yang diwujudkan oleh Polri di tengah masyarakat, dan tentunya diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya di wilayah Kendal, dan umumnya di Jajaran Polres Jawa Tengah.

*Sumur Bor dan Pompa Air Merupakan Sebuah Kebutuhan Pokok*

Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyampaikan selamat datang kepada Kapolda Jateng dan jajarannya yang sudah berkenan hadir di Kabupaten Kendal dalam rangka peresmian penggunaan sumur bor dan pompa air di Desa Rowobranten Kecamatan Ringinarum.

Menurut Dico, sumur bor dan pompa air ini, merupakan sebuah kebutuhan pokok bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Kendal khususnya warga Rowobranten dan ini merupakan kebahagiaan yang sangat luar biasa.

“Ini merupakan sinergitas dan kolaborasi dari seluruh instansi dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Sehingga tentunya, bantuan dari Polda Jawa Tengah yang disupport oleh jajaran Polres Kendal ini, merupakan sebuah wujud dan syukur kita khususnya bagi masyarakat Desa Rowobranten,”papar Dico.

Dico menyampaikan, bahwa Desa Rowobranten ini merupakan suatu wilayah yang cukup sulit, karena kedalamannya sumur bor ini kurang lebih sekitar 85 meter.

Selain itu, juga merupakan lokasi yang cukup terisolir, dari kota, sehingga kurang lebih sekitar 215 kepala keluarga di Desa Rowobranten yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih, dengan bantuan dari Polda Jawa Tengah ini bisa menikmatinya.

“Mudah-mudahan air yang mengalir untuk masyarakat Rowobranten ini, menjadi amal ibadah dari Bapak/ Ibu sekalian khususnya Pak Kapolda Jateng, dan mudah-mudahan support bantuan dari Kapolda Jawa Tengah ini, bisa memberikan banyak manfaat dan juga keberkahan bagi kita semua,”ungkapnya.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini