SUKOHARJO(TERASMEDIA.ID)– Usai melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Wonogiri, Presiden Joko Widodo(Jokowi) melanjutkan kunker ke Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (01/02/2024).

Bertempat di GOR Bung Karno Sukoharjo, Jokowi menyapa seribu pelajar yang menerima bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP).

Secara simbolis, Jokowi menyerahkan kartu PIP kepada perwakilan pelajar dari SD, SMP, dan SMA-SMK.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan kalau PIP untuk pelajar SMA-SMK di tahun 2024 ini, naik menjadi Rp 1,8 juta dari semula Rp 1 juta. Namun untuk siswa SD dan SMP tetap sama yaitu Rp 450 ribu (SD) dan Rp 750 ribu (SMP).

Jokowi berpesan, bantuan PIP hanya boleh digunakan untuk membeli kebutuhan sekolah seperti seragam, buku, tas, sepatu, topi, dan lain-lain.

Kepada para pelajar yang didampingi orangtua masing-masing, Jokowi memberi semangat untuk rajin belajar agar bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi untuk masa depan cemerlang.

“Saya pesan,kalian tetap semangat belajar agar nanti bisa masuk ke jenjang yang lebih tinggi, agar bisa kuliah semuanya,” kata Jokowi yang disambut applaus tepuk tangan.

Jokowi menuturkan, PIP sudah berusia 10 tahun dengan jumlah penerima 18,6 juta pelajar seluruh tanah air.

Tidak hanya untuk pelajar saja, bantuan pendidikan juga diberikan untuk mahasiswa yang besarannya bisa sampai Rp 8 juta, tergantung jurusan yang ditempuh. Untuk KIP kuliah, sudah dinikmati oleh 9.000 mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi meminta dua pelajar maju ke panggung untuk berdialog.

Dari dialog mengemuka, pelajar SMP dan SMA tersebut, mengaku sudah menerima PIP sejak kelas 4 SD. Keduanya mengaku kalau bantuan PIP sangat besar manfaat yang dirasa.

Mereka mengaku tidak khawatir lagi dengan biaya sekolah, sehingga bisa belajar dengan tenang.

Usai dari GOR, Jokowi yang didampingi ibu negara Iriana, Sekjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tehnologi, Suharti, Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, dan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, melanjutkan kunker ke Bulog Telukan, Sukoharjo, untuk membagikan bantuan beras. (Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini