BANYUMAS (TERASMEDIA.ID) – Warga RT 02 RW 03 Desa Pesawahan Kecamatan Rawalo gempar menyusul adanya banyak anakan ular kobra berada di belakang rumah.

Menurut keterangan dari warga bernama Rasiti(55) mengatakan, ular cobra berada di bagian bawah tumpukan kayu bakar belakang rumah yang berjarak sekitar dua meter dari rumah induk yang ia tempati.

“Saya melihat sudah ada lima anakan dan dua Indukan ular cobra yang berada di belakang rumah kosong milik saya,”kata Rasiti.
Karena takut terjadi sesuatu, Rasiti melaporkan hal tersebut ke Kepala Desa Pesawahan, Didi Putra yang kemudian diteruskannya ke pihak Tagana Banyumas.

Tim Tagana Banyumas yang mendapat informasi ini, kemudian bersama dengan Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas pada Kamis 2 Desember malam mendatangi lokasi tersebut bersama dengan anggota Babinsa Desa Pesawahan, mencoba memindahkan tumpukan kayu bakar tersebut dan menangkap satu ekor kobra tersebut.

“Sampai saat ini, tidak ada korban jiwa, hanya saja Rasiti dan keluarga merasa khawatir ketika akan mengambil kayu bakar di belakang rumah ataupun ketika ada keperluan ke sumur,”kata Koordinator Tagana Banyumas Ady Candra.

Kamis malam, tim baru berhasil mengamankan tiga ular cobra, dan akan melakukan pengamanan lanjutan pada besok hari Jum’at, 3 Desember 2021 siang hari agar lebih efektif.

Ady Candra meminta kepada warga, untuk selalu membersihkan rumah dengan membuang barang-barang tidak berguna, dan membuang sampah agar tidak mendatangkan tikus yang akan menarik ular kobra.

“Habitat ular kobra Jawa ini biasanya di area persawahan, pekarangan hingga permukiman,”ujarnya.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini