BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Biro Urusan Internasional (BUI) menggelar acara Summer Course 2022 yang dilaksanakan secara hybrid di Aula Badi Nguzaman gedung R Fakultas Teknik dan Sains, Selasa (08/11/2022).

Acara ini, diikuti oleh ratusan mahasiswa asing dari 16 negara dan juga mahasiswa PMM yang belajar di UMP.

Acara Summer Course yang dikemas dengan nama U-Interact (UMP International Training dan Course) tersebut mengangkat tema ‘Banyumas Culture and Heritage’, dibuka oleh wakil rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Ir Aman Suyadi MP.

Ikut hadir dalam pembukaan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya dan Komunikasi (FIBK) Sulasih Nurhayati S S M Hum, Kepala Desa Gerduren Bambang Suharsono, S.IP yang sekaligus pemateri tentang Ebeg Banyumasan.

Acara ini juga menghadirkan Dr. Lynda Susana Widya Ayu Fatmawaty selaku pemateri untuk tema tarian Lengger Banyumas.

Kepala Biro Urusan Internasional Asst Prof Condro Nur Alim Ph D dalam sambutannya mengatakan, salah satu tujuan dari Summer Course U-Interact ini, untuk memperkuat kerjasama internasional dengan mitra-mitra universitas dari luar negeri yang telah mengutus mahasiswanya sebagai peserta.

Selain itu, menurutnya, Summer Course ini juga sebagai suatu bentuk upaya untuk mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDG’s).

“Summer Course dengan tema ‘Budaya Banyumas’ ini adalah salah satu cara untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDG)”, ucapnya.

Dikatakan, budaya dapat memberikan banyak perspektif untuk berpikir secara kritis dan meningkatkan pemahaman lintas budaya yang sangat penting untuk mewujudkan haromi sosial.

“Kita mempelajari tentang budaya dari berbagai masyarakat terutama Budaya Banyumas. Itu berarti kita mendapat pengalaman kultural baru yang memperluas perspektif berpikir secara kritis dan apresiatif,” katanya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan keterkaitan budaya dengan pencapaian SDG, yaitu dengan mengembangkan budaya dapat meningkatkan kesejahteraan manusia yang ada di sekitar.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama UMP Ir Aman Suyadi MP dalam sambutannya berharap, setelah mengikuti kegiatan Summer Course U-Interact ini dapat menambah pengetahuan tentang budaya khususnya Budaya Banyumasan.

“Dengan mengikuti acara ini, kami harap semua peserta mendapat informasi tentang budaya warisan Indonesia terutama warisan Budaya Banyumas,” harapnya.(WR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini