CILACAP(TERASMEDIA.ID)- Dalam rangka mengamankan dan memberi rasa nyaman kepada masyarakat, terutama yang merayakan Natal 2021 dan tahun baru (nataru) 2022, Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap menggelar acara Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru di halaman kantor setempat, Jumat(17/12/2021).

Bertindak sebagai pimpinan apel Kepala Kantor SAR Cilacap I Nyoman Sidakarya, dan diikuti seluruh personil kemudian diikuti dengan pelepasan kendaraan sebagai tanda simbolis oleh Kepala Kantor SAR Cilacap.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan, pelaksanaan Siaga SAR khusus Nataru akan dimulai dari tanggal 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022 mendatang.

I Nyoman meminta, seluruh personil dan potensi SAR agar selalu menjaga nama baik organisasi, mengikuti prosedur yang ada, sopan santun dan ramah setiap menjalankan tugas.

“Tunjukan bahwa kita bekerja dengan pedoman Quick Response Search and Rescue secara profesional dan tetap utamakan faktor keselamatan dalam pelayanan SAR bagi petugas dan masyarakat serta jangan kendor dengan Protokol Kesehatan terkait pandemi Covid-19,” pesan I Nyoman.

Hal lain yang perlu diperhatikan, lanjut I Nyoman, adalah performance petugas Basarnas dan alut, kesiapan dan kebersihan kendaraan serta peralatannya, merupakan salah satu faktor yang menunjang kewibawaan dan performance Basarnas, sehingga lebih meyakinkan penilaian masyarakat terhadap kesiapsiagaan pelayanan SAR.

“Kita menyiagakan 33 personil yang ditempatkan di Cilacap dan rencana kita tempatkan Posko induk di depan halaman kantor dan kita siagakan personil di tempat penyeberangan pelabuhan rakyat dan rencana kita setiap harinya akan melaksanakan mobile ke tempat wisata di setiap wilayah kerja,”kata I Nyoman.

Menurut I Nyoman, titik fokus siaga pada tahun ini sama seperti tahun sebelumnya di mana berkonsentrasi pada transportasi mudik Nataru, seperti bandar udara Tunggul Wulung, Pelabuhan Rakyat dan tempat wisata yang ada di Cilacap dan wilayah kerja seperti Kebumen, Purworejo, Banyumas, Purbalingga, dan Brebes.

Dalam Siaga SAR Khusus Nataru, Alut dan Palsar yang disiagakan antara lain tiga unit RIB yang di pasang di Pelabuhan Sleko, lima unit Mobil Rescue, dua unit Rescue Truck, lima Perahu Karet, Atv Big Patrol serta peralatan evakuasi.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi yang diamanatkan oleh Kepala Basarnas Cilacap, bahwa Siaga SAR khusus Natal 2021 dan tahun baru 2022 bertujuan untuk terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal (Quick Response Search and Rescue).

“Kesiapsiagaan Siaga SAR khusus Nataru adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Akan tetapi jangan di jadikan kegiatan yang monoton dan harus ada peningkatan dari tahun ke tahun baik itu dari kesiapan personil, alur darat dan laut, ketrampilan dan kesigapan kita Quick Response SAR jika terjadi kecelakaan,”katanya.

Pada kegiatan ini, lanjut Henri Alfiandi, akan difokuskan pada penangan kecelakaan sesuai dengan tupoksi Basarnas.

“Namun jangan lengah diluar kegiatan ini. Kita masih banyak tugas-tugas lain yang menjadi tupoksi baik itu adanya musibah pelayaran, penerbangan, kondisi membahayakan manusia dan bencana alam lainya,”ujarnya.

Pada Nataru ini, Henri Alfiandi menekankan kepada seluruh petugas Siaga SAR khusus Nataru ini, agar aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini