SUKOHARJO(TERASMEDIA.ID)-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif(Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno berkunjung dan memberikan dukungan kepada PPMI Assalaam dengan menandatangani prasasti Jarib FM IFF Ikatan Alumni Mahad Assalam(Ikamas Fair Festival), Sabtu(06/08/2022).

Selain itu, Menparekraf juga memberikan motivasi kepada santri PPMI Assalaam Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Menparekraf menyampaikan dukungan untuk santri Assalaam untuk tidak takut berkreasi. Ada tiga hal yang harus dilakukan oleh Entrepreunership, yaitu Inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

“InsyaAllah kami akan menggagas Santripreuner bersama PPMI Assalaam pada tahun depan,” kata Menparekraf sesaat setelah sholat magrib di Masjid PPMI Assalaam.

Menparekraf juga memaparkan, bahwa santri bisa mengembangkan produk-produk kreatif digital, seperti konten-konten podcast, sehingga konten podcast lebih mengarah ke rahmatan lil alamin.

Menurut Menparekraf, ada lebih dari 10.000 alumni Assalaam dan tidak semuanya harus menjadi ustadz. Ada yang menjadi akademisi dan banyak pula yang menjadi pengusaha.

Sementara itu, Ketua Ikamas Basith Adnan mengatakan, penanaman jiwa wirausaha diberikan kepada santri PPMI Assalaam sesuai dengan poin ke-5 yakni karakter dasar santri PPMI Assalaam, yakni berjiwa pemimpin dan enterpreneurship.

Ikamas merupakan organisasi yang menghimpun alumni Assalaam. Alhamdulillah, di Milad ke-40 th ini, Ikamas ikut memeriahkan dengan menggelar berbagai acara, termasuk IFF.

“Di acara ini kami menyuguhkan berbagai produk kreatif dari alumni-alumni Assalaam, ”kata Basith Adnan.

Menurut Basith Adnan, jiwa, entrepreneurship sudah ia tanamkan kepada santri lewat berbagai program pendidikan.

Boot IFF itu berisikan 44 stand produk kreatif para alumni Assalaam. Mereka berkarya dan berkreasi sekaligus memberikan contoh pada adik-adik santri berwirausaha.

Devi Hidayah Fajar, M.E.Syar, selaku Kepala Humas PPMI Assalaam, mengatakan, Menparekraf juga bersilaturahmi dengan sesepuh dan pimpinan PPMI Assalaam.

PPMI Assalaam bersinergi dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mewujudkan santri yang kreatif dan berjiwa entrepreunership.

Salah seorang santri, Fadillah, kelas XII, mengaku senang bisa bertemu langsung dengan Sandiaga Uno, yang telah memberi semangat dan motivasi kepada para santri.

“Senang sekali saya mengikuti kegiatan ini, banyak ilmu yang saya dapatkan. Tadi Pak Sandi memberikan motivasi agar kami para santri bisa menjadi enterpreneurship yang penuh semangat, cerdas, unggul yang rahmatan lil alamin,” ucap Fadillah.(HN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini