BLORA(TERASMEDIA.ID)– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora melakukan sosialisasi Peningkatan Kapasitas Petugas Promkes se- Kabupaten Blora di Gedung Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Blora, Rabu (15/03/2023).

Subkor Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Blora, Nanik Sri Mulyaningsih, menekankan pentingnya penguasaan 25 kompetensi dasar bagi kader Promosi Kesehatan (Promkes) untuk meningkatkan Posyandu aktif.

Nanik Sri Mulyaningsih, mengatakan 25 kompetensi dasar itu mencakup kompetensi ibu hamil dan menyusui, kompetensi bayi dan balita, kompetensi usia sekolah dan remaja, kompetensi usia produkstif dan lansia, serta kompetensi pengelolaan posyandu.

Adapun isi 25 kompetensi dasar tersebut antara lain,  menjelaskan buku KIA pada ibu hamil, menjelaskan pemeriksaan ibu hamil, melakukan edukasi isi piringku ibu hamil, hingga menerapkan komunikasi antar pribadi.

Dalam peningkatan kapasitas tersebut, para peserta yang terdiri dari para bidan dan promosi kesehatan diharapkan mampu menjelaskan materi yang disampaikan dengan baik.

” Kader harus punya 25 kompetensi yang masuk kriteria. Sehingga kader ini Promkes bisa menjalankan tugas dengan baik kepada masyarakat,” ucap Nanik.

Saat ini, kata Nanik, ada 1.313 Posyandu di Kabupaten Blora. Namun sebagian besar bisa dikatakan tidak aktif.

“Ribuan Posyandu itu banyak yang tidak memenuhi dan dinyatakan tidak beraktivitas,” jelas Nanik.

Nanik berharap, Promkes juga bisa terus bersinergi dengan program-program yang ada di masyarakat. Sehingga setiap persoalan tentang kesahatan bisa tertangani dengan baik.

“Harus disengkuyung bersama, tidak bisa ego program. Karena setiap persoalan harus diselesaikan bersama-sama,” jelasnya.(MG-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini