Para santri saat foto bersama.(FOTO:TM/ Dok)

BREBES(TERASMEDIA.ID)–Profil Pelajar Pancasila sudah tercermin dalam diri santri, tinggal dikuatkan dengan kreativitas dan inovasi menggali dan memperdalam keilmuan agama secara serius.

Hal tersebut dikatakan Mudir Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bumiayu, Kiai Sutriyono, S.Ag di Obyek Wisata Tuk Sirah Kali Pemali Desa Winduaji, Paguyangan, Brebes, Selasa (13/06/2023).

Kiai Sutrisno juga mengatakan, bahwa program Pesantren Profil Pelajar Pancasila yang digelar ini, akan dapat mewujudkan santri sebagai pelajar Pancasila yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang penuh dengan kreativitas dan inovasi sehingga mampu melahirkan kader bangsa yang bermisi keumatan dan mencerahkan semesta.

Pada tahun ini, pihaknya mengangkat tema “Kita Ciptakan Merdeka Belajar untuk Wujudkan Pelajar Pancasila yang Berakhlak Mulia dengan Kreatif dan Inovasi melalui Stop Bullying”.

Aiptu Maman Samanhudi mewakili Kapolsek Paguyangan, AKP Sunarto, yang didapok menjadi pembicara menyampaikan bahwa implementasi pembentukan Profil Pelajar Pancasila menjadi suatu yang sangat mendasar agar santri MBS Bumiayu yang notabenenya adalah seorang siswa juga akan semakin ramah terhadap lingkungan dan alam sekitarnya.

“Pembelajaran berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang sekarang sedang berlangsung di Obyek Wisata Tuk Sirah Kali Pemali Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes sangat luar biasa sebagai salah satu media untuk menguatkan karakter seorang santri sekaligus sarana dalam memaksimalkan kompetensi santri dengan skill mumpuni yang senantiasa diiringi oleh nilai-nilai keadaban,” tutur Aiptu Maman Samanhudi yang juga sebagai Bhabinkamtibmas Desa Winduaji.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Ustadz Rizal Imanullah, menyampaikan bahwa dengan melaksanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5) ini, sesuai dengan tema yang telah diusung sebagai bagian dari tahapan kurikulum merdeka dapat turut serta mempercepat upaya mencetak kader penerus bangsa yang kuat baik jiwa raga, mumpuni dalam keilmuan dan beradab dalam berperilaku.

Acara yang kawal langsung oleh Musyrif dan Wali Kelas VII A-D, VIII A-D, X IPA 1 dan 2 serta XI IPA 1 dan 2 digelar di Obyek Wisata Tuk Sirah Kali Pemali Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes tersebut berlangsung dengah sangat meriah, menyenangkan dan semarak.

Kemeriahan tersebut diawali dengan pemaparan materi dari pihak Polsek Paguyangan yang dilanjutkan deklarasi Anti Bullying dan semakin semarak ketika sampai pada acara outbond yang menampilkan berbagai variasi game seperti Bola Naga, Jinakan Balon, Ketangkasan, Kecepatan, Building Box dan Tarik Tambang.

Nampak hadir pada acara tersebut, semua santri sejumlah 238 santri, Wakil Mudir (Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc, M.Pd), Pamong Santri (Ustadz Rizal Imanullah dan ustadzah Wenny Nurul ‘Aini, S.Pd.I), Kabag Tarbiyah (Ustadz Bambang Wahyu Supriyanto, M.Pd), Kepala SMP MBS Bumiayu (Drs.H.Muhtadi), dan seluruh Dewan Asatidz PPM MBS Bumiayu.*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini