Suasana memipil jagung di Alun- alun Purwodadi Grobogan.(FOTO:TM/ Han)

GROBOGAN(TERASMEDIA.ID)– Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah kembali mencatatkan diri ke Museum Rekor Indonesia (MURI), yakni petani memipil jagung bersama terbanyak, dengan jumlah 1.128 petani, Kamis (24/8/2023).

Jumlah ini lebih banyak dari target semula, yakni 1000 petani. Pemipilan jagung sebanyak tiga ton itu dilakukan di Alun-alun Purwodadi. Setiap petani memipil sebanyak 10 – 15 batang jagung selama kurang lebih 45 menit.

Acara semakin meriah dengan hadirnya Bupati Grobogan, Sri Sumarni bersama Forkompimda yang turut serta memipil jagung menjelang para petani selesai.

Sri Widawati dari perwakilan MURI mengatakan, rekor kali ini merupakan kedelapan kalinya. Sebelumnya, sudah terdapat tujuh rekor yang dicatatkan Grobogan sejak tahun 2008.

”Rekor yang pernah diciptakan sebelumnya antara lain Tari Tayub terlama, Bakar Jagung terbanyak, Permainan Tradisional terbanyak, dan Rangkaian Bonggol Jagung terbanyak,” ujarnya.

Kemudian pembuatan makanan dengan varian jagung, touring dengna tiga jenis kendaraan terbanyak, pembuatan tempe terbesar, serta pembagian kartu identitas anak terbanyak.

Sementara itu, Bupati Grobogan, Sri Sumarni menyatakan, dengan kegiatan tersebut diharapkan ke depan dapat menjadikan Grobogan menjadi kabupaten dengan sentra penghasil jagung terbesar di Indonesia.

”Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi kepada para petani jagung dan juga branding potensi jagung Kabupaten Grobogan yang menjadi sentra atau penghasil jagung terbesar di Indonesia,” kata Bupati.

Acara pemecahan rekor MURI tersebut merupakan rangkaian acara Grobogan Expo yang digelar beberapa hari lalu hingga 27 Agustus 2023. Grobogan Expo yang digelar dalam rangka HUT ke-78 RI itu, untuk membangkitkan serta menggerakkan ekonomi para pelaku industri kecil dan UMKM.

Peserta Grobogan Expo selain stand OPD yakni pelaku usaha dengan total 174 stand. Ratusan stand itu terdiri dari kluster furniture, tekstil, hand made kreatif, batik. Kemudian makanan olahan, pande besi/logam, kopi/minuman, kuliner, serta aneka tumbuhan dan ikan.(Han)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini