BLORA(TERASMEDIA.ID)– Musim kemarau membuat stok beras di sejumlah penggilingan padi di Blora menipis. Kondisi ini memicu melambungnya harga beras di pasaran.

Salah satu pemilik tempat penggilingan padi di Dukuh Kadengan Desa Kamolan, Gandi mengatakan saat ini stok beras di tempatnya per harinya hanya berkisar 5 kwintal. Padahal di hari normal stoknya bisa mencapai 5 ton.

” Kalau stok saat ini per harinya di sini paling 5 sampai 7 kwintal, kadang justru hanya 10 sak. Padahal biasanya di sini bisa sampai 4 – 5 ton per hari,” kata Gandi saat ditemui di tempat penggilingannya, Kamis (07/09/2023).

Gandi menengarai menipisnya pasokan gabah ini dikarenakan para petani lebih memilih menjual gabah mereka ke luar kota, sebab harga gabah saat ini cukup tinggi.

“Stok gabah menipis karena permintaannya banyak, tapi gabah berkurang karena yang membutuhkan banyak sekali. Warga kalau mau giling cari dulu tempat mana yang harganya tinggi,” ujarnya.

Menipisnya stok gabah ini disebabkan karena tidak adanya musim panen akibat kemarau. Hal ini juga menjadi salah satu pemicu naiknya harga beras.

” Harga beras mahal. Kalau di sini antara Rp 11.000 sampai Rp 12.500 tergantung jenisnya, tidak tahu kalau di tempat lain, bisa lebih mahal atau tidak. Ini sudah sejak satu bulan,” ucapnya.

Terpisah Plt Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) Blora Ngaliman stok beras saat ini masih cukup aman.

Meski sejumlah wilayah memasuki musim kemarau, namun ada beberapa wilayah yang saat ini juga masuk musim tanam.

” Stok pangan di musim kemarau ini masih aman untuk Kabulaten Blora. Sampai Juli produksi padi mencapai 589 ribu ton. Jumlah itu juga mampu menyangga kebutuhan pangan skala nasional,” kata Ngaliman.

Ngaliman meminta masyarakat tidak khawatir dengan kondisi pangan meski saat ini memasuki kemarau ekstrem.

” Saya pesan kepada masyarakat kalau kondisi pangan kita aman, jadi tidak perlu khawatir meski kemarau panjang. Karena petani di Blora sudah melakukan antisipasi termasuk yang berada di aliran sungai Bengawan Solo yang saat ini masuk musim tanam,” tandasnya.(MN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini