KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal sejak awal diresmikan oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, hingga saat ini ramai dikunjungi oleh banyak orang, terutama dari para pelajar yang di Kabupaten Kendal.

Tidak hanya para pelajar, namun Perpusda Kendal ini juga sering dijadikan tempat oleh kelompok masyarakat maupun organisasi kepemudaan untuk menampilkan kreativitasnya, seperti pagelaran seni, fashion show batik, diskusi publik dan lain sebagainya.

Hal tersebut mengingat, Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal memiliki luas sekitar 4.060 meter persegi, sehingga masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai dedung perpustakaan terluas tingkat kabupaten Se-Indonesia.

Hari ini, Senin tanggal 6 November 2023, Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal dikunjungi oleh ratusan pelajar, baik dari berbagai TK dan SMP di Kabupaten Kendal untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran di Perpusda Kendal.

Petugas Perpusda Kendal, Ngatini mengatakan, bahwa Perpusda Kendal dari pagi sudah banyak pengunjung, diantaranya dari KB-TK Juang Ilmu Desa Magelung, Kecamatan Kaliwungu Selatan, TK Muslimat NU 02 Kendal, dan SMP NU 02 Al- Hidayah Kendal.

“Setiap hari Perpusda Kendal ramai pengunjung, baik dari kalangan pelajar maupun masyarakat umum lainnya. Saya melihat di sini mereka untuk membaca buku, dan bagi para guru TK biasanya untuk memberikan edukasi kepada para muridnya,” kata Ngatini.

Ngatini juga menyampaikan bahwa setiap hari Perpusda Kendal banyak pengunjung yang datang, pada hari ini ada rombongan KB Juang Ilmu Kaliwungu dengan jumlah 35 anak, 105 anak dari TK Muslimat NU 02 Kendal san 81 orang anak dari SMP NU Alhidayah.

Nur Azizah, Guru Wali Kelas TK A pada KB-TK Juang Ilmu Magelung Kaliwungu Selatan menyampaikan, kunjungannya kali ini bersama para guru dan para muridnya adalah untuk belajar.

“Tujuan utama mendatangi Perpusda Kendal adalah untuk memperkenalkan anak-anak terkait literasi dan belajar mengenal keaksaraan. Dengan demikian harapanya anak-anak bisa membiasakan untuk membaca buku, dan mengurangi penggunaan gadget,” ujar Nur Azizah.

Menurut Nur Azizah, kegiatan belajar di luar kelas ini selain untuk belajar juga mengajak anak-anak agar mengetahui tempat belajar di Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal yang sangat bagus ini, yang mana bisa dimanfaatkan oleh semua pihak, termasuk untuk belajar bagi anak-anak TK.

Ia juga mengaku, kegiatan yang dilakukan anak-anak di Perpusda Kendal, pertama yaitu menonton film edukasi. Kedua, mendatangi ruang baca untuk anak-anak belajar membaca. Ketiga mendengarkan cerita tentang hewan ternak, aku sayang binantang, dan panca indera.

Sementara itu, Guru Bahasa Inggris dan Kepala Perpustakaan SMP NU 02 Al Hidayah Kendal, Sumartini, mengaku dengan adanya gedung perpustakaan daerah yang sangat luas ini dapat dimanfaatkan untuk Outing Class, sehingga dapat memperluas wawasan bagi anak-anak.

“Terima kasih Pemkab Kendal, dibangunnya Perpusda ini sangat memberikan manfaat bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Kendal, termasuk sangat bermanfaat bagi para siswa SMP NU 02 Alhidayah Kendal,” katanya.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini