BREBES(TERASMEDIA.ID)- Pimpinan Ranting Muhammadiyah(PRM) dan Aisyiyah menggelar Musyran bersama di MIM Adisana, Bumiayu, Minggu(05/11/2023 ).

Acara tersebut dibuka oleh Ketua PCM Bumiayu, Drs.H.Sukmono.

Ketua Panitia Pemilihan Mu’adib mengatakan, peserta Musyran telah berhasil memilih 9 formatur PRM Adisana dengan urutan, Drs. Nurhakim (90 suara), Abdul Mukti (82 suara), Nurhadi, S.Pd (71 suara), Mu’adib, M.Pd (67 suara), H.Thobi’in (65 suara), Dahlan (63 suara), Fahmi Irhami, S.Pd.I (62 suara), Yusuf Efendi (51 suara), dan Fathurrohman (44 suara).

Sedangkan 5 formatur yang terpilih dalam Musyran Aisyiyah adalah Etik Mardiasih, (124 suara), Musyarofah (109 suara), Faridatul Munawaroh, (103 suara), Khusriyati (99 suara) dan Nasyiatul Aisyiyah (88 suara).

Setelah melalu proses perdebatan yang cukup alot dan panjang, akhirnya kepemimpinan Muhammadiyah Ranting Adisana periode 2022-2027 diamanahkan kepada Nur Hadi, sebagai ketua didampingi oleh Fahmi Irhami, sebagai sekretaris.

Sementara, kepemimpinan Ranting Aisyiyah diamanahkan kepada Etik Mardiasih, sebagai ketua didampingi oleh Faridatul Munawaroh, sebagai sekretaris.

Ketua PCM Bumiayu H. Sukmono saat membuka sekaligus membuka Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Adisana, menegaskan Desa Adisana merupakan salah satu Desa di Kecamatan Bumiayu yang memiliki Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah terbanyak.

“Desa Adisana merupakan basis terbesar gerakan dakwah persyarikatan dengan jumlah warga persyarikatan sekitar 2.500 orang yang tersebar pada 6 PRM-PRA (Adisana, Baruamba, Blere, Dukuhkweni, Baru Untung dan Karangpucung),” kata H. Sukmono.

Amal usahanya juga banyak, 9 masjid, 8 Mushola, 2 MIM, 1 MTsMu, dan 3 Madrasah Diniyah.

“Ini adalah anugerah yang sangat luar biasa dan harus terus dibina dan dikawal bersama agar semakin dapat menjadi media untuk mencerahkan dan mencerdaskan umat,”jelas H. Sukmono.

Kepala Desa Adisana Kecamatan Bumiayu, Ahmad Yani dalam sambutannya sangat mengapresiasi gerakan dakwah berkemajuan yang dilakukan oleh persyarikatan Muhammadiyah, terutama gerakan pemberdayaan dan pencerahan yang dilakukan oleh PRM Adisana, PRM Baruamba, PRM Dukuhkweni, dan PRM Blere plus tambahan 2 ranting Baru Untung dan PRM Karangpucung yang baru saja disyahkan oleh PDM Brebes.

“Kami atas nama Pemerintah Desa Adisana sangat bersyukur atas bertambahnya Ranting Muhammadiyah di Desa Adisana, yaitu Ranting Baru Untung dan Karangpucung,”kata Ahmad Yani.

Oleh karena itu, dengan adanya 6 ranting di Desa Adisana ini akan semakin memperkuat eksistensi Muhammadiyah dengan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Desa dalam rangka pemberdayaan dan pencerahan umat sebagai wujud nyata gerakan dakwah berkemajuan.

Tampak hadir dalam acara pembukaan Musyran Ranting Adisana adalah PCA Bumiayu dan Pleno PCM Bumiayu yang terdiri dari H. Sukmono (Ketua), Indra Purwanto (Sekretaris) dan Divisi Jurnalistik MPI PCM Bumiayu (Tarqum Aziz), sedangkan pleno PCA Bumiayu yang hadir adalah Siti Eviatun Amanah(Wakil Ketua I), dan Yenaris Eriyaningsih (Ketua Majelis Kesehatan).

Hadir juga Kepala Desa Adisana Ahmad Yani, sesepuh Muhammadiyah dan Aisyiyah Adisana, serta para kepala AUM dan Imam Masjid-Mushola.

Dalam waktu yang bersamaan, juga digelar Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah di Baruamba, Blere, Dukuhturi, Negaradaha dan Kalisumur.

Bahkan sehari sebelumnya, yakni Sabtu 04 November 2023 malam, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kalinusu juga menggelar Musyran di rumah Kusuma Widya Bahri, selaku Sekretaris PRM Kalinusu.

Ketua PCM Bumiayu sangat bersyukur karena Muhammadiyah dan Aisyiyah Cabang Bumiayu memiliki 24 Pimpinan Ranting dari 15 Desa yang ada di Kecamatan Bumiayu.

“24 Pimpinan Ranting tersebut tersebar di Desa Adisana dengan 6 Ranting, lalu disusul dengan Desa Dukuhturi dengan 3 ranting, kemudian Desa Langkap dengan dua Ranting, lalu Desa Penggarutan dengan dua ranting dan selebihnya di masing-masing desa,” jelas H.Sukmono. (Tarqum Aziz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini